Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setrika Biasa Vs Setrika Uap, Mana yang Lebih Baik?

Kompas.com - Diperbarui 06/10/2021, 16:03 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran setrika menjadi solusi untuk memudahkan seseorang dalam urusan merapikan pakaian yang baru dibersihkan.

Namun, seiring berjalannya waktu, kehadiran setrika pun terbagi dalam beberapa jenis, seperti setrika kering dengan pengatur suhu dan setrika uap.

Setrika uap adalah setrika yang sumber panasnya berasal dari uap air. Oleh karena itu setrika ini juga bisa menjadi pengering dan pelicin pakaian.

Baca juga: Bagian Bawah Setrika Lengket? Ini 6 Cara Mengakalinya

Berbeda dengan setrika kering, plat setrika uap tidak hanya menghasilkan panas, tapi juga menghasilkan uap air, sehingga panas yang dihasilkan menjadi rata.

Ilustrasi setrika uap. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi setrika uap.

Dari dua jenis setrika ini, mungkin kamu penasaran mana yang paling terbaik. Berikut ini perbedaan setrika biasa dan setrika uap yang perlu diketahui, seperti dilansir dari beberapa sumber, Rabu (6/10/2021).

Tangki air

Perbedaan besar pertama dari dua jenis setrika tersebut adalah tangki air. Setrika uap memiliki tangki air sehingga dapat menghasilkan uap, sementara setrika kering jelas tidak memiliki tangki air.

Karena itu, setrika kering tidak meneteskan, menyemprot, atau memercikkan air ke pakaian. Jika kamu ingin menghindarinya, maka setrika kering akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Baca juga: Setrika Juga Harus Dibersihkan, Bisa Pakai Garam hingga Cuka

Di sisi lain, memiliki tangki air memungkinkan setrika uap mengeluarkan uap yang tepat, sehingga proses penyetrikaan jadi mudah dan efektif . Uap bagus untuk menghilangkan kerutan membandel pada pakaian.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com