Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2020, 09:52 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Honestpaws

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkah laku hewan peliharaan, khususnya anjing memang sangat tidak bisa diduga sehingga bisa menjadi sesuatu yang tidak disukai oleh pemiliknya.

Salah satu tingkah yang mungkin mencemaskan para pemilik anjing adalah anjing yang memakan kotoran kucing.

Anjing makan kotoran sama sekali bukan tren baru dan merupakan sesuatu yang harus didiskusikan.

Baca juga: Kenali 10 Tanda Kucing dan Anjing Peliharaan Sakitl

Dikutip dari Honest Paws, Jumat (27/11/2020) kita akan membahas semua alasan mengapa anjing kesayanganmu memakan kotoran kucing.

Anjing mengalami coprophagia

Coprophagia adalah istilah ilmiah untuk memakan kotoran. Istilah ini tidak hanya mengacu pada anjing yang memakan kotoran kucing, tetapi juga kotoran spesies apa pun, termasuk kotorannya sendiri.

Kebiasaan itu, meski menjijikkan, cukup umum terjadi pada anjing. Hal ini dianggap oleh banyak ahli sebagai perilaku yang "alami", meskipun belum tentu sehat.

Jika berbicara tentang seekor anjing yang memakan kotoran kucing, maka ada sejumlah keadaan perilaku dan lingkungan yang mungkin berkontribusi pada kecintaan anjingmu yang tak pernah mati pada kotoran kucing, terlebih banyak kucing liar di sekitar rumahmu.

Baca juga: Kenapa Kucing Kerap Menjulurkan Lidah Seperti Anjing?

Anjing adalah pemulung

Salah satu alasan paling umum di balik coprophagia adalah karena itu hanyalah naluri alami. Para ahli menyatakan bahwa leluhur liar anjing (coyote, serigala, dan anjing liar lainnya) akan memakan kotoran hewan lain jika mereka tidak makan cukup mangsa atau makanan lain pada hari itu.

Selain itu, semua anjing pada dasarnya adalah pemulung dan cukup oportunis dalam hal makanan. Dengan kata lain, mereka akan makan apa saja, dari isian sofa baru hingga sepatu atau batu.

Jika anjing peliharaanmu seperti anjing kebanyakan, mereka adalah pemakan kesempatan yang sama. Jika terdapat kotoran kucing di sekitar rumah atau dari kucing peliharaanmu, kamu sebaiknya yakin anjingmu akan memanfaatkan kesempatan untuk makan kotoran kucing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com