6 Tanaman Hias yang Tidak Mudah Mati di Halaman Rumah

Kompas.com - 26/11/2020, 18:12 WIB
Ilustrasi taman rumah, halaman rumah. SHUTTERSTOCK/CAMERA_BRAVOIlustrasi taman rumah, halaman rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman hias kini sedang banyak digandrungi masyarakat. Halaman atau taman rumah pun dipercantik dengan ragam tanaman hias.

Anda yang ingin mempercantik taman rumah dengan tanaman hias hendaknya cermat dalam memilih jenis tanaman hias. Sebab, jangan sampai tanaman hias yang ditanam di taman rumah justru mudah mati.

Nah, apa saja tanaman hias yang tidak mudah mati di taman rumah? Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari Real Simple, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: 9 Tanaman Hias yang Beracun, Caladium hingga Philodendron

1. Ajuga

Jika halaman belakang Anda tidak mendapatkan banyak sinar matahari sepanjang hari, mungkin sulit untuk menemukan tanaman hias menarik yang akan tumbuh subur. Salah satu tanaman hias yang bisa Anda pilih menurut Justin Hancock, ahli hortikultura di Costa Farms, adalah ajuga.

“Penutup tanah yang menahan gulma ini adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin menambahkan warna dan mengurangi perawatan di area teduh di halaman belakang Anda. Tanaman ini memiliki bunga biru-ungu yang cantik, lalu dedaunan yang lebat," kata Hancock.

Ia menjelaskan, carilah jenis ajuga yang memiliki daun yang warnanya cantik, seperti Burgundy Glow yang memiliki nuansa warna merah jambu dan semburat perak.

2. Caladium

Tanaman hias yang sedang populer ini cocok ditempatkan di halaman rumah dengan cahaya matahari tidak langsung atau redup. Warna daunnya pun dapat mempercantik halaman Anda. 

Baca juga: Lagi Tren, Begini Cara Merawat Caladium Bicolor alias Keladi Merah

"Varietas daunnya yang warna putih sangat mengagumkan di halaman yang cahayanya redup karena akan tampak berkilau," jelas Hancock.

Anda bisa menanam caladium di tanah atau menempatkannya di pot agar bisa dipindahkan ke dalam ruangan.

Ilustrasi tanaman Caladium bicolor atau keladi merah.SHUTTERSTOCK/SUWAT NGAMSOMTRONG Ilustrasi tanaman Caladium bicolor atau keladi merah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X