Kompas.com - 26/11/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi mesin cuci. SHUTTERSTOCK/KORARKARIlustrasi mesin cuci.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci batik menggunakan bantuan mesin cuci merupakan hal yang harus dihindari oleh setiap pemilik batik ketika hendak membersihkannya.

Mencuci atau membersihkan batik tidak bisa disamakan dengan pakaian lainnya, karena terdapat beberapa cara khusus yang harus dilakukan.

Namun, Presiden Direktur AQUA Japan Indonesia, Kenji Sadayuki, mengatakan kalau masih banyak orang yang belum tahu cara mencuci batik yang tepat.

Baca juga: Panduan Memilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

"Padahal cara mencuci batik sangat berbeda dengan kain lainnya,” jelas Kenji Sadayuki dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/11/2020).

Agar serat halus kain batik dan warnanya tidak pudar, mencuci kain batik memang memerlukan teknik tersendiri.

Saat merendam batik sebaiknya menggunakan air hangat, dan jangan menggunakan detergen. Memerasnya pun tidak boleh terlalu kencang, sehingga terasa cukup merepotkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, sebuah inovasi untuk membersihkan batik menggunakan mesin cuci khusus pun diluncurkan dalam mesin cuci AQW-910DD (G) yang telah dilengkapi dengan fitur Batik Care atau Batik Mode.

Baca juga: Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar? Ini 5 Penyebabnya

Hal ini tentunya memberikan kemudahan bagi orang-orang untuk membersihkan batik sehingga dapat terawat dengan baik untuk terus dipakai.

Kepala Departemen Perencanaan Produk AQUA Japan, Meiriano Ullman, menyampaikan kalau Fitur Batik Care ini adalah fitur pencucian khusus batik dengan pencucian lembut dan menyeluruh, sehingga serat pada batik tidak akan rusak dan warna kain tidak pudar.

"Jadi kini tak perlu khawatir saat mencuci batik Anda dengan menggunakan mesin cuci, karena fitur Batik Care akan menjaga bahan serta warna batik Anda,” jelas Meiriano.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X