Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cat Bahan Dasar Air Lebih Sehat dan Ramah Lingkungan

Kompas.com - 25/11/2020, 20:45 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengaplikasikan cat beragam warna, adalah langkah yang perlu dilakukan untuk membuat dinding atau kusen kayu di rumah menjadi terlihat lebih berwarna dan memiliki nuansa yang diinginkan.

Dan salah satu jenis cat yang bisa kamu pilih untuk cat dinding ataupun kusen kayu adalah cat berbahan dasar air atau water based paint.

Sesuai namanya, cat berbahan dasar air adalah cat yang menggunakan bahan pengencer berupa air.

Baca juga: Ini Cara Produsen Cat Dinding Kurangi Emisi Karbon

Saat memilih cat berbahan dasar air, kamu hanya perlu menggunakan air bersih secukupnya untuk mengencerkan cat sebelum diaplikasikan pada dinding maupun kusen kayu di rumah.

Terkait cat bahan dasar air, Presiden Direktur PT Mowilex Indonesia, Niko Safavi, mengatakan kalau cat satu ini lebih menyehatkan.

"Cat yang berbahan dasar air sangat ramah lingkungan. Dan racun di dalamnya sangat jauh lebih sedikit daripada jenis-jenis lainnya," ungkap Safavi dalam virtual press conference Mowilex, yang diikuti Kompas.com, Rabu, (25/11/2020).

Safavi mengatakan, perusahaannya merupakan produsen cat pertama di Indonesia yang memproduksi cat berbahan dasar air yang dilakukan saat hari pertama beroperasi.

Dibandingkan dengan cat solvent alias cat berbahan dasar thinner, cat berbahan dasar air juga memiliki keunggulan lainnya.

Baca juga: Ada Pandemi, Perusahaan Cat Ini Lanjutkan Pembangunan Pabrik Baru

Karena tidak banyak bahan kimia dan zat-zat yang memberi kontribusi pada pemanasan global, produk cat berbahan dasar air menjadi lebih ramah lingkungan.

Selain itu, cat berbahan dasar air lebih tidak berbau setelah diaplikasikan ke permukaan dinding ataupun kusen kayu, sehingga tidak bereaksi dengan polutan dalam atmosfer yang berkontribusi pada perubahan iklim.

Cat berbahan dasar air juga mudah diaplikasikan dan lebih cepat kering karena bahan dasar air. Dalam kurun waktu 4-6 jam, cat yang kamu aplikasikan sudah bisa kering.

Karena memiliki sejumlah keunggulan, Safavi mengatakan cat jenis ini adalah pilihan cat terbaik yang ada saat ini.

"Dan cat anti air yang kami yakin adalah yang terbaik di pasar saat ini," pungkas Safavi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com