Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Wanita Mengidap HIV Setelah Prosedur "Facial Vampir" di New Mexico

Kompas.com - 29/04/2024, 18:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

SANTA FE, KOMPAS.com - Tiga perempuan yang didiagnosis mengidap HIV setelah menjalani prosedur “wajah vampir” di spa medis tanpa izin di New Mexico.

Ini diyakini sebagai kasus pertama yang terdokumentasi di mana orang tertular virus melalui prosedur kosmetik menggunakan jarum suntik, kata pejabat kesehatan federal.

Dilansir dari Guardian, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan dalam Laporan Morbiditas dan Kematian bahwa klinik tersebut diselidiki dari 2018 hingga 2023.

Baca juga: Skandal Anak-anak Inggris Jadi Kelinci Percobaan, Terpapar Hepatitis C dan HIV

Hasilnya, klinik tersebut tampaknya menggunakan kembali peralatan sekali pakai yang dimaksudkan untuk sekali pakai.

Meskipun penularan HIV dari darah yang terkontaminasi melalui suntikan yang tidak steril merupakan risiko yang sudah diketahui, laporan mengatakan bahwa ini adalah dokumentasi pertama mengenai kemungkinan infeksi yang melibatkan layanan kosmetik.

Banyak perawatan kosmetik populer yang diberikan dengan jarum suntik, seperti Botox untuk menghilangkan kerutan dan filler untuk membuat bibir montok.

Prosedur “vampire facial”, atau prosedur microneedling plasma kaya trombosit, melibatkan pengambilan darah klien sendiri, memisahkan komponen-komponennya, dan kemudian menggunakan jarum kecil untuk menyuntikkan plasma ke wajah untuk meremajakan kulit. Tato juga memerlukan jarum.

Kementerian Kesehatan New Mexico mulai menyelidiki spa tersebut pada musim panas 2018 setelah diberitahu bahwa seorang wanita berusia 40-an tahun dinyatakan positif HIV, meskipun dia tidak memiliki faktor risiko yang diketahui.

Wanita tersebut melaporkan paparan jarum suntik melalui prosedur di klinik pada musim semi itu.

Spa ditutup pada musim gugur 2018 setelah penyelidikan diluncurkan, dan pemiliknya dituntut karena melakukan praktik kedokteran tanpa izin.

Baca juga: Pria California Ini Secara Menakjubkan Bebas dari HIV dan Kanker, Bagaimana Pengobatannya?

Laporan tersebut mengatakan penyelidikan menunjukkan betapa pentingnya mewajibkan praktik pengendalian infeksi di bisnis yang menawarkan prosedur kosmetik yang melibatkan jarum suntik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com