Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Eropa: Lirik Lagu Masa Kini Lebih Marah dan Terobsesi pada Diri Sendiri

Kompas.com - 29/03/2024, 21:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

BRUSSEL, KOMPAS.com - Lirik lagu di era sekarang menjadi lebih sederhana dan berulang. Hal ini diungkap sebuah penelitian yang diterbitkan pada Kamis (28/3/2024).

Lirik lagu di era sekarang juga menjadi lebih marah dan semakin terobsesi pada diri sendiri selama 40 tahun terakhir, menurut studi tersebut.

Hal ini kian memperkuat pendapat para penggemar musik tua yang rewel saat mendengarkan musik masa kini.

Baca juga: Sisipkan Lirik Snoop Dogg dalam Laporannya, Pembawa Berita Cuaca Banjir Pujian

Dilansir dari Guardian, sebuah tim peneliti Eropa menganalisis kata-kata di lebih dari 12.000 lagu berbahasa Inggris di seluruh genre rap, country, pop, R&B, dan rock dari tahun 1980 hingga 2020.

Sebelum merinci bagaimana lirik menjadi lebih mendasar, penelitian ini menunjukkan bahwa penyanyi dan penulis lagu legendaris Amerika Bob Dylan, yang menjadi terkenal pada tahun 1960an, telah memenangkan hadiah Nobel di bidang sastra.

Penulis studi senior Eva Zangerle, pakar sistem rekomendasi di Universitas Innsbruck Austria, menekankan bahwa lirik dapat menjadi cermin masyarakat, yang merepresentasikan bagaimana nilai-nilai budaya, emosi dan keasyikan berubah seiring waktu.

“Apa yang juga kita saksikan dalam 40 tahun terakhir adalah perubahan drastis dalam lanskap musik, mulai dari cara musik dijual hingga cara musik diproduksi,” kata Zangerle.

Selama 40 tahun penelitian, terjadi pergolakan berulang kali dalam cara orang mendengarkan musik. 

Piringan hitam dan kaset pada tahun 1980-an digantikan oleh CD pada tahun 90-an, kemudian hadirnya internet mengarah pada platform streaming berbasis algoritma saat ini.

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, para peneliti mengamati emosi yang diungkapkan dalam lirik, berapa banyak kata-kata berbeda dan rumit yang digunakan, dan seberapa sering kata-kata itu diulang.

Baca juga: Tulisan Tangan Lirik Lagu Starman David Bowie Laku Fantastis, Rp 3,4 Miliar

“Di semua genre, lirik cenderung menjadi lebih sederhana dan berulang,” Zangerle menyimpulkan.

Hasil ini juga mengkonfirmasi penelitian sebelumnya yang menunjukkan penurunan lirik positif dan gembira seiring berjalannya waktu dan peningkatan lirik yang mengungkapkan kemarahan, rasa jijik, atau kesedihan.

Lirik juga menjadi lebih terobsesi pada diri sendiri, dengan kata-kata seperti “aku” atau “milikku” menjadi jauh lebih populer.

Jumlah baris yang diulang meningkat paling banyak dalam rap selama beberapa dekade, kata Zangerle, seraya menambahkan bahwa jelas bahwa rap memiliki baris yang paling banyak pada awalnya.

“Musik rap menjadi lebih marah dibandingkan genre lainnya,” tambahnya.

Para peneliti juga menyelidiki lagu mana yang dicari oleh para penggemar dari genre berbeda di situs lirik Genius.

Tidak seperti genre lainnya, penggemar rock paling sering mencari lirik dari lagu lama, dibandingkan lirik baru.

Lagu-lagu rock telah merosot tajam di tangga lagu dalam beberapa dekade terakhir, dan hal ini menunjukkan bahwa para penggemar semakin mengingat kembali masa kejayaan genre ini, dibandingkan masa sekarang.

Baca juga: Tren Viral Kirim Lirik Taylor Swift ke Mantan Pacar, Bisa Berujung Balikan

"Perubahan lain yang terjadi pada musik adalah 10-15 detik pertama sangat menentukan apakah kita melewatkan lagu tersebut atau tidak,” kata Zangerle.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com