Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi Pemimpin Dunia terhadap Diagnosis Kanker Kate Middleton

Kompas.com - 23/03/2024, 09:08 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber TIME

LONDON, KOMPAS.com - Para pemimpin dunia telah berbagi pesan dukungan untuk Kate Middleton setelah dia mengumumkan didiagnosis menderita jenis kanker yang dirahasiakan dan sedang menjalani kemoterapi.

"Ini tentu saja merupakan kejutan besar, dan William serta saya telah melakukan segala yang kami bisa untuk memproses dan mengelola ini secara pribadi demi keluarga muda kami," kata wanita berusia 42 tahun, dalam rekaman video yang direkam di Windsor.

Kate mengatakan kanker itu ditemukan dalam tes pasca operasi setelah dia menjalani operasi perut pada Januari, yang mendorong dia menarik diri dari kehidupan publik saat dia memulai pengobatan.

Diagnosis tersebut mengikuti diagnosis ayah mertuanya, Raja Charles III, yang mengumumkan diagnosis dan pengobatan kankernya sendiri pada awal Februari.

Baca juga: UPDATE Penembakan Konser Moskwa: Korban Tewas Naik Jadi 60 Orang, ISIS Mengaku Bertanggung Jawab

Dilansir dari Time, para pemimpin dunia juga menyampaikan reaksi mereka terhadap berita tersebut, menawarkan dukungan mereka kepada Kate dan mendesak masyarakat untuk memberi privasi selama ia pulih.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak termasuk orang pertama yang mendoakan Kate, memuji keberanian luar biasanya dalam sebuah postingan di X.

Sunak meminta agar Kate diberi privasi untuk fokus pada perawatan bersama keluarga tercinta.

Wali Kota London Sadiq Khan mendoakan Kate agar sembuh sepenuhnya dan cepat dan menyampaikan doanya dalam sebuah postingan media sosial.

Di AS, Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan kepada wartawan bahwa dia berharap Kate pulih sepenuhnya.

"Menurut saya penting bagi kami untuk menghormati privasinya," ujarnya.

Megan McCain, putri mantan Senator AS John McCain, yang meninggal karena kanker pada 2018, menulis di X bahwa Amerika mengirimkan kekuatan dan dukungan kepada Kate dan seluruh keluarga kerajaan.

Dia menambahkan bahwa Kate selalu menjadi lambang kelas dan keanggunan

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-758 Serangan Rusia ke Ukraina: Ukraina Disasar 90 Rudal dan 60 Drone Rusia | Hoaks 10 WNI Jadi Tentara Bayaran Ukraina

Menteri Pertama Skotlandia Humza Yousaf mengatakan dalam sebuah postingan di X bahwa dia berdoa agar Kate segera sembuh.

Lalu Menteri Pertama Irlandia Utara, Michelle O'Neill, juga memposting ucapa  di X.

Baca juga: Kronologi Diagnosis Kanker Kate Middleton

“Saya sangat menyesal mendengar berita diagnosis kanker Putri Wales. Saya mengirimkan harapan terbaik saya dan kekuatan untuk perawatannya, serta pemulihan penuh dan cepat. Sebuah ucapan khusus untuk keluarganya di masa yang penuh tantangan ini.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com