Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Diagnosis Kanker Kate Middleton

Kompas.com - 23/03/2024, 05:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Pengumuman bahwa Princess of Wales, Kate Middleton menderita kanker dan sedang dalam tahap awal kemoterapi muncul mendadak pada Jumat (22/3/2024).

Pengumuman dari istri ahli waris takhta Kerajaan Inggris Pangeran William ini terjadi hanya beberapa minggu setelah Raja Charles III, raja Inggris saat ini, mengungkapkan diagnosis kankernya.

Diagnosis tersebut muncul setelah pasangan tersebut menjalani operasi terpisah pada awal tahun ini.

Baca juga: Kate Middleton Umumkan Idap Kanker, Jalani Kemoterapi dan Minta Dukungan

Kronologi diagnosis kanker Kate Middleton

17 Januari

Istana Kensington mengumumkan bahwa Kate, yang berusia 42 tahun, akan dirawat di rumah sakit selama dua minggu setelah menjalani operasi perut yang sukses.

Pihak istana mengatakan bahwa masalahnya tidak terkait dengan kanker, tetapi dia harus menjalani masa pemulihan selama beberapa bulan setelah operasi.

Kurang dari 90 menit kemudian, Istana Buckingham mengatakan bahwa kepala negara Inggris, Charles, 75, akan mengunjungi rumah sakit pada minggu berikutnya untuk menjalani prosedur korektif untuk mengobati pembesaran prostat jinak.

26 Januari

Charles menjalani operasi di The London Clinic, klinik swasta yang sama dengan tempat Kate, yang dikenal luas, juga sedang dalam masa pemulihan dari operasinya.

Laporan media Inggris mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa raja baik-baik saja setelah perawatan dan telah mengunjungi Kate sebelum operasi.

Baca juga: Teori Konspirasi Keberadaan Kate Middleton Makin Ramai di Dunia Maya

29 Januari

Sang raja, yang mengenakan setelan jas dan mantel hitam, melambaikan tangan kepada kerumunan orang ketika ia keluar dari klinik di pusat kota London dan masuk ke dalam mobil yang sudah menunggu.

Beberapa jam sebelumnya, Istana Kensington telah mengumumkan bahwa Kate juga telah kembali ke rumah, tanpa menyebutkan secara pasti kapan dia meninggalkan fasilitas tersebut.

5 Februari

Istana Buckingham mengumumkan bahwa Charles telah didiagnosis menderita suatu jenis kanker dan telah memulai pengobatan.

Pihak istana mengatakan bahwa kankernya terdeteksi saat ia menjalani prosedur di rumah sakit. Tidak disebutkan jenis kankernya.

Raja mengambil cuti tanpa batas waktu dari tugas-tugas publik.

6 Februari

Putra raja yang terasing, Pangeran Harry, terbang dari California untuk kunjungan singkat bersama ayahnya.

Charles terlihat untuk pertama kalinya di depan umum sejak didiagnosis ketika ia difoto tersenyum dan melambaikan tangan dari sebuah mobil.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com