Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Tabrak Truk di Afghanistan, 21 Orang Tewas dan 11 Lainnya Terluka

Kompas.com - 18/03/2024, 14:15 WIB
Albertus Adit

Penulis

KABUL, KOMPAS.com - Kecelakaan lalu lintas di Afghanistan selatan menewaskan 21 orang dan 11 lainnya terluka, Minggu (17/3/2024).

Kecelakaan melibatkan bus, sepeda motor dan truk tanker dalam perjalanan ke Herat. Demikian dikatakan departemen informasi provinsi dari media sosial X.

Dijelaskan bahwa sebuah sepeda motor bertabrakan dengan bus tujuan Kabul yang mengakibatkan kedua pengendaranya tewas seketika.

Baca juga: 9 Orang Tewas akibat Salju Lebat dan Badai di Afghanistan

Selanjutnya, sopir bus setelah kehilangan kendali membelok ke jalur berlawanan hingga menabrak sebuah truk tanker minyak dalam perjalanan ke Herat.

Kendaraan-kendaraan itu dilalap tak lama setelah terjadi tabrakan, menurut pihak berwenang.

Gambar dari lokasi kecelakaan menunjukkan logam hangus dan bengkok berserakan di jalan raya.

"Aparat penegak hukum telah memulai penyelidikan atas tabrakan lalu lintas tersebut," kata Qadratullah, seorang petugas lalu lintas di Helmand dikutip dari The Independent pada Minggu (17/3/2024).

Dua orang pengendara sepeda motor, tiga orang yang berada di mobil tanker, dan 16 penumpang bus tewas di lokasi kejadian.

"Sedangkan 11 orang yang menderita luka parah, telah dipindahkan ke rumah sakit," terang Hzatullah Haqqani, juru bicara kepala polisi Helmand.

Kecelakaan lalu lintas sering terjadi di Afghanistan, terutama karena kondisi jalan yang buruk dan kecerobohan pengemudi.

Baca juga: Situs Arkeologi Afghanistan dari Tahun 1000 SM Dijarah di Bawah Pemerintahan Taliban

Pada Desember 2022, setidaknya 31 orang tewas ketika sebuah truk tanker minyak terbalik dan terbakar di jalur Salang Afghanistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com