Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Orang Tewas akibat Salju Lebat dan Badai di Afghanistan

Kompas.com - 02/03/2024, 15:22 WIB
Albertus Adit

Penulis

KABUL, KOMPAS.com - Hujan salju lebat dan badai di Afghanistan menewaskan sembilan orang dan dua lainnya terluka pada Jumat (1/3/2024).

Cuaca buruk dan suhu di bawah nol derajat itu telah melanda provinsi-provinsi mulai dari Afghanistan utara hingga bagian selatan negara itu.

"Akibat cuaca dingin dan hujan di Kandahar, Helmand, Badghis, Sar-e-Pol, Badakhshan dan Jawzjan, sembilan orang tewas dan dua lainnya luka-luka," kata Janan Saiq, juru bicara kementerian negara yang dipimpin Taliban dikutip dari The Independent pada Sabtu (2/3/2024).

Baca juga: Situs Arkeologi Afghanistan dari Tahun 1000 SM Dijarah di Bawah Pemerintahan Taliban

Dijelaskan bahwa cuaca ekstrem tersebut telah menghancurkan rumah warga dan hewan ternak, sehingga banyak hewan ternak yang mati.

Gambar yang dibagikan oleh jurnalis Afghanistan di pengasingan Bilal Sarwary menunjukkan hujan salju ekstrem di Afghanistan barat menyebabkan penduduk setempat kehilangan ternaknya.

"Salju sering kali dipandang sebagai berkah, tetapi tidak di sini bagi pria Afghanistan yang kehilangan seluruh kawanan dombanya di provinsi Badghis, jauh di Afghanistan barat," katanya di media sosial X.

Beberapa ruas jalan raya dilanda hujan salju dan badai sehingga mengakibatkan blokade bagi pergerakan lalu lintas.

Laporan tersebut menambahkan bahwa beberapa jalan penting seperti jalan raya Kabul-Herat, Salang Pass dan Haji Gak Pass di Bamiyan telah ditutup untuk lalu lintas.

Hujan salju ekstrem di negara itu terjadi tak lama setelah puluhan gempa bumi di provinsi Herat menewaskan lebih dari 2.000 orang dan menyebabkan beberapa orang kehilangan tempat tinggal.

Afghanistan juga terguncang oleh upaya deportasi massal dari Pakistan pada Oktober dan November tahun lalu.

Hingga mengakibatkan jutaan penduduk setempat dipaksa keluar dari negara tetangganya dan kembali ke rezim pimpinan Taliban.

Baca juga: Taliban Larang Perempuan Kerja di TV jika Tak Tutupi Wajahnya

Sementara itu, di sebagian besar provinsi kemungkinan akan mengalami hujan salju lebat, hujan lebat dan banjir serta badai selama dua hari ke depan.

Hal itu diungkapkan Departemen Meteorologi Afghanistan dari Kementerian Transportasi dan Penerbangan Sipil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com