Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kate Middleton Minta Maaf soal Foto yang Diedit

Kompas.com - 11/03/2024, 19:11 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Kate Middleton pada Senin (11/3/2024) meminta maaf dan mengakui telah mengedit foto resmi dirinya yang dirilis oleh Istana Kensington.

Sebelumnya, berbagai media internasional terkemuka pada Minggu (10/3/2024) mencabut kembali foto Kate Middleton, setelah ditemukan kejanggalan pada foto itu hingga memunculkan keraguan atas autentisitas foto.

Kantor berota AFP, Getty, Associated Press (AP), dan Reuters semuanya memiliki kebijakan tentang pendistribusian foto yang telah dimanipulasi, dan pada akhirnya mencabut foto tersebut.

Baca juga: Kantor Berita Internasional Ramai-ramai Tarik Foto Kate Middleton, Ada Apa?

Asosiasi Pers (PA) domestik Inggris pada Senin mengatakan bahwa mereka juga menarik foto Kate Middleton itu. PA menyinggung "tidak adanya klarifikasi" tentang foto tersebut dari Istana Kensington.

Dalam beberapa menit setelah PA mengumumkan keputusannya, Istana Kensington mengeluarkan pernyataan di X, yang ditandatangani oleh "C" untuk Catherine.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh The Prince and Princess of Wales (@princeandprincessofwales)

"Seperti kebanyakan fotografer amatir, saya sesekali bereksperimen dengan pengeditan," demikian pernyataannya. 

"Saya ingin menyampaikan permohonan maaf atas kebingungan yang ditimbulkan oleh foto keluarga yang kami bagikan kemarin," tambahnya, dikutip dari AFP.

Kate Middleton (42) tidak terlihat di depan umum sejak menghadiri kebaktian di gereja pada Hari Natal lalu. 

Ia lalu dilaporkan menjalani operasi perut pada bulan Januari, yang memicu spekulasi tentang kesehatannya, terutama di dunia maya.

Baca juga: Foto Resmi Pertama Kate Middleton yang Dirilis sejak Operasi Perut, Sampaikan Pesan Ini

Kantor Istana Kensington pada Minggu berusaha untuk menghilangkan rumor dengan mendistribusikan foto resmi yang dikatakan diambil oleh suaminya, Pangeran William, bersama ketiga anak mereka.

Namun, dengan cepat muncul pertanyaan tentang potret Hari Ibu yang menampilkan Kate yang tersenyum, berpakaian santai dan duduk di kursi taman, dikelilingi oleh Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

Kejanggalan itu termasuk beberapa ketidakkonsistenan, seperti tangan kiri Charlotte yang tidak sejajar dengan lengan kardigan dan bagian lengan bajunya yang hilang.

Inisiden foto Kate Middleton ini telah menimbulkan keraguan baru pada jaminan Istana tentang kesehatan dan pemulihan Putri Wales.

William (41) dan para bangsawan senior lainnya diperkirakan akan menghadiri perayaan tahunan Hari Persemakmuran di pusat kota London pada Senin ini.

Peter Hunt, mantan koresponden kerajaan BBC, mengatakan bahwa situasi ini "merusak" bagi keluarga tersebut.

"Mereka tahu bahwa akan ada ketertarikan yang besar pada setiap foto Kate yang mereka rilis," katanya.

Baca juga: Pemerintah Inggris Hapus Info Kate Middleton Akan Hadiri Trooping the Colour, Kian Jadi Tanda Tanya

"Tantangan mereka adalah orang-orang sekarang akan mempertanyakan apakah mereka dapat dipercaya dan diyakini ketika mereka mengeluarkan pembaruan kesehatan berikutnya," tambahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com