Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kate Middleton Sedih Rayakan Natal Tanpa Sosok Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 23/12/2022, 15:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

LONDON, KOMPAS.com - Putri Wales Kate Middleton memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth pada kebaktian lagu Natal di Westminster Abbey.

Istri Pangeran William ini mengatakan momen Natal pertama keluarga kerajaan tanpa mendiang Ratu akan terasa sangat berbeda.

Dilansir dari Reuters, Raja Charles, ditemani oleh Permaisuri Camilla, bergabung dengan putranya Pangeran William, Kate dan anggota keluarga lainnya dalam kebaktian di biara, tempat pemakaman Elizabeth diadakan pada bulan September.

Baca juga: Jumlah Anak Meninggal akibat Bakteri Strep A di Inggris Terus Bertambah, Total Kini Mencapai 24 Orang

Kate, yang menjadi Putri Wales setelah Charles naik tahta, menjadi tuan rumah acara tersebut dan mendedikasikannya untuk Elizabeth.

"Jadi, meski Natal akan terasa sangat berbeda tahun ini, kita masih bisa mengingat kenangan dan tradisi yang kita bagi bersama," kata Kate dalam pengantar kebaktian tersebut.

Elizabeth meninggal pada 8 September dalam usia 96 tahun, setelah 70 tahun bertahta.

"Yang Mulia merayakan Natal amat dekat di hatinya, menganggapnya sebagai waktu yang menyatukan orang-orang dan mengingatkan kita akan pentingnya iman, persahabatan dan keluarga, dan untuk menunjukkan empati dan kasih sayang," katanya.

Baca juga: Desain Uang Kertas Raja Charles III Akhirnya Dipublikasikan oleh Bank Sentral Inggris, Kapan Beredar?

Keluarga itu mempersembahkan front persatuan pada kebaktian pada 15 Desember, hari yang sama ketika episode terakhir serial dokumenter Netflix Pangeran Harry dan istrinya Meghan dirilis.

Harry, yang mengundurkan diri dari tugas kerajaan pada tahun 2020, menuai kritik baru pada keluarganya dalam serial tersebut.

Baca juga: Pecat Karyawan karena Makan Siang, Bos di Inggris Dituntut Rp 208 Juta

Dia menuduh kakak laki-lakinya, William, meneriakinya selama pertemuan puncak untuk membahas masa depannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com