Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[UNIK GLOBAL] Festival Pria Telanjang di Jepang | Air Terjun Api di California

Kompas.com - 03/03/2024, 05:31 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KOMPAS.com - Dalam sepekan terakhir, kanal Global Kompas.com bukan saja menyajikan berita-berita serius, melainkan juga kisah unik Internasional.

Ini termasuk, festival pria telanjang di Jepang berlansung meriah pada tahun ini. Namun sayang, penyelenggaraan kali ini dilaporkan menjadi yang terakhir setelah hampir 1.000 tahun karena menurunnya jumlah penduduk di negara tersebur.

Sementara itu, pengunjung Taman Nasional Yosemite di California disuguhi fenomena langka. Pantulan sinar matahari pada air yang jatuh menciptakan apa yang dikenal sebagai air terjun api.

Baca juga: [UNIK GLOBAL] Jutawan Makan dari Tempat Sampah | Ular Terbesar di Dunia

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah rangkuman daftar artikel-artikel Unik Global selama Minggu (25/2/2024) hingga Sabtu (2/3/2024) yang dapat Anda simak:

1. Festival Pria Telanjang di Jepang Berakhir Setelah Lebih dari 1.000 Tahun

Acara tahunan yang biasa dikenal sebagai festival pria telanjang berakhir setelah hampir 1.000 tahun karena menurunnya jumlah penduduk di daerah tersebut.

Festival Somin-sai, yang biasa dikenal sebagai festival pria telanjang, melibatkan ratusan pria berpakaian cawat yang berkumpul di Kuil Kokusekiji di Oshu untuk memperebutkan sekantong jimat yang diberkati kepala pendeta kuil.

Festival yang sudah ada sejak lebih dari 1.000 tahun yang lalu ini diadakan setiap tahun pada hari ketujuh Tahun Baru Imlek.

Baca selengkapnya di sini

2. Fenomena Langka Air Terjun Api di California

Pengunjung Taman Nasional Yosemite di California disuguhi fenomena langka. Pantulan sinar matahari pada air yang jatuh menciptakan apa yang dikenal sebagai air terjun api.

Air Terjun Ekor Kuda di Yosemite menjadi air terjun api hanya beberapa kali setiap Februari, ketika pantulan matahari yang terbenam membuat air yang jatuh terlihat seperti api yang mengalir.

Fenomena ini jarang sekali terlihat, karena air terjun ini sering tertutup awan.

Baca selengkapnya di sini

Baca juga: [UNIK GLOBAL] Kecantikan Model 92 Tahun | Berebut Taylor Swift

3. Mengapa Mayoritas Wanita Korea Selatan Saat Ini Tak Ingin Punya Anak?

Ketika dia masih muda, Hyobin Lee sangat ingin menjadi seorang ibu. Namun, ada saatnya dia harus mengambil keputusan sulit.

Pada akhirnya, dia memilih kariernya daripada berkeluarga dan sekarang menjadi akademisi yang sukses di kota Daejeon, Korea Selatan.

Lee, yang kini berusia 44 tahun, hanyalah satu dari jutaan wanita Korea yang secara sadar mengambil keputusan untuk tidak memiliki anak, yang mengakibatkan tingkat kesuburan negara tersebut turun ke rekor terendah baru.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com