Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Inggris: Kanker Raja Charles Terdeteksi sejak Dini

Kompas.com - 07/02/2024, 08:15 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak pada Selasa (6/2/2024) mengatakan, kanker Raja Charles III terdeteksi sejak dini.

“Untungnya, penyakit ini diketahui sejak dini dan sekarang semua orang berharap dia mendapatkan perawatan yang dibutuhkannya dan bisa pulih sepenuhnya,” kata Sunak kepada BBC.

Sunak juga mengungkapkan, dia rutin melakukan kontak dengan raja berusia 75 tahun itu setelah diagnosis kankernya keluar. Komunikasi mereka akan berlanjut seperti biasa.

Baca juga: Raja Charles III Didiagnosis Mengidap Kanker

Istana Buckingham pada Senin (5/2/2024) mengumumkan, Raja Charles III didiagnosis menderita kanker dan sudah memulai pengobatannya. Banyak dukungan pun mengalir deras dari seluruh dunia.

Charles, yang menjadi raja setelah kematian ibunya yaitu Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022, secara umum kondisinya sehat kecuali cedera akibat polo dan ski puluhan tahun lalu.

Pihak istana menyebutkan, saat operasi pembesaran prostat jinak yang dilakukan sang raja di rumah sakit baru-baru ini, ada masalah lain yang menjadi perhatian.

Baca juga:

“Banyak keluarga di seluruh negeri yang mendengarkan ini akan tersentuh oleh hal yang sama dan mereka tahu apa artinya bagi semua orang,” kata Sunak, dikutip dari kantor berita AFP.

"Jadi kami hanya bisa berharap dan mudah-mudahan kami bisa melewati ini secepat mungkin," pungkasnya.

Baca juga: Bagaimana Kerajaan Inggris Akan Beradaptasi Setelah Raja Charles III Didiagnosis Kanker?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com