Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Charles III Akan Dirawat di RS untuk Operasi Prostat

Kompas.com - 18/01/2024, 08:13 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Raja Charles III akan dirawat di rumah sakit pekan depan untuk operasi pembesaran prostat, kata Istana Buckingham pada Rabu (17/1/2024).

“Sama dengan ribuan pria setiap tahunnya, Raja membutuhkan pengobatan untuk pembesaran prostatnya,” demikian bunyi pernyataan istana, dikutip dari kantor berita AFP.

“Kondisi Yang Mulia tidak berbahaya dan akan dibawa ke rumah sakit minggu depan untuk menjalani prosedur perbaikan,” tambahnya.

Baca juga: Ramalan Nostradamus untuk 2024: Perang China-Taiwan, Raja Charles III Mundur, dan Paus Baru

Pertemuan publik bagi raja berusia 75 tahun itu akan ditunda selama masa pemulihan singkat.

Charles menjadi raja setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II, pada 8 September 2022. Dia adalah orang tertua yang menjadi raja Inggris dan pewaris takhta terlama.

Sang raja, yang ibunya meninggal pada usia 96 tahun dan ayahnya wafat saat berumur 99 tahun, umumnya memiliki kesehatan baik meski dua kali terjangkit Covid-19 dan pernah cedera olahraga ketika muda.

Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), pembesaran prostat jinak sering terjadi pada pria berusia di atas 50 tahun, tidak berhubungan dengan kanker dan biasanya bukan ancaman serius bagi kesehatan.

Gejalanya meliputi sering buang air kecil dan kesulitan mengosongkan kandung kemih sepenuhnya.

Baca juga:

Penyebabnya tidak diketahui, tetapi diyakini terkait perubahan hormonal seiring bertambahnya usia pria.

Pengumuman Istana Buckingham keluar sekitar satu jam setelah Princess of Wales Kate Middleton butuh dua minggu dirawat di rumah sakit dan beberapa bulan pemulihan setelah sukses menjalani operasi perut.

Istri Prince of Wales William-pewaris takhta Kerajaan Inggris-berusia 42 tahun itu dirawat di klinik swasta di pusat kota London pada Selasa (16/1/2024), kata Istana Kensington.

Baca juga: Menilik Busana yang Dikenakan Para Bangsawan dan Tamu Saat Penobatan Raja Charles III...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com