Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SD di AS Diwajibkan Belajar Menulis Latin Lagi, Ternyata Ini Manfaatnya

Kompas.com - 28/01/2024, 07:25 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,Reuters

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Siswa usia sekolah dasar di California, Amerika Serikat (AS) diwajibkan untuk mempelajari tulisan tangan kursif atau tulisan latin atau huruf sambung mulai tahun ini.

Keterampilan sempat dianggap ketinggalan zaman di era komputer ini.

Kebijakan Assembly Bill 446, yang digagas oleh mantan guru sekolah dasar Sharon Quirk-Silva dan telah ditandatangani menjadi undang-undang pada Oktober, telah mewajibkan pelajaran menulis tangan untuk 2,6 juta warga California di kelas satu sampai enam, kira-kira usia 6 sampai 12 tahun.

Baca juga: 4.327 Siswa di Gaza Tewas dan 388 Sekolah Dibom

Nah, berdasarkan keputusan itu, pelajaran menulis kursif diperuntukkan bagi tingkat kelas yang "sesuai", yakni secara umum dianggap sebagai kelas tiga dan lebih tinggi.

Para ahli mengatakan bahwa belajar huruf kursif dapat meningkatkan perkembangan kognitif, pemahaman membaca, dan keterampilan motorik halus, di antara manfaat lainnya.

Beberapa pendidik juga menemukan manfaat dari mengajarkan anak-anak untuk membaca dokumen bersejarah dan surat-surat keluarga dari generasi sebelumnya.

Di Sekolah Dasar Orangethorpe di Fullerton, sekitar 30 mil di tenggara Los Angeles, guru kelas empat hingga enam Pamela Keller mengatakan dirinyasudah mengajar menulis kursif sebelum undang-undang tersebut diberlakukan pada 1 Januari.

Beberapa anak mengeluh tentang kesulitan yang dihadapi, dan Keller punya jawaban yang siap.

"Kami mengatakan kepada mereka, ini akan membuat Anda lebih pintar, ini akan membuat beberapa koneksi di otak Anda, dan ini akan membantu Anda naik ke tingkat berikutnya. Dan kemudian mereka menjadi bersemangat karena para siswa ingin menjadi lebih pintar. Mereka ingin belajar," kata Keller.

Saat mengajar pelajaran kursif minggu ini, Keller memberikan tips kepada para siswanya.

"Sedikit pelan, lakukan dengan sangat lembut... Penghapus adalah teman terbaik kita... Putaran itu luar biasa. Saya suka lingkaran itu," ucapnya kepada para siswa, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Baca juga: Sebelum Meninggal, Guru Ini Masih Sempat Menilai Tugas Siswa-siswanya di RS

Dalam sebuah kunjungan ke perpustakaan sekolah baru-baru ini, Keller mengatakan bahwa seorang siswa menjadi bersemangat saat melihat gambar Konstitusi AS yang ditulis pada tahun 1787 dan berkomentar, "Ini kursif!".

Beberapa murid Keller mengakui bahwa mata pelajaran ini sulit, terutama huruf Z, namun mereka tetap menikmatinya.

"Saya menyukainya, karena saya merasa cara menulisnya lebih bagus, dan menyenangkan untuk mempelajari huruf-huruf baru," kata Sophie Guardia, seorang anak berusia 9 tahun yang duduk di kelas empat.

Di kelas guru Nancy Karcher, reaksi siswa kelas tiga saat belajar menulis latin, berkisar dari "Ini menyenangkan", "ini cantik", hingga "sekarang saya dapat membaca tulisan ibu saya", dan "Ini untuk rahasia saya".

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com