Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan California Daur Ulang Air Pancuran Menjadi Bir

Kompas.com - 03/08/2023, 22:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber UPI

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Sebuah perusahaan California memanfaatkan keahlian daur ulang airnya untuk membuat bir yang terbuat dari air limbah bangunan perumahan di San Francisco.

Epic Cleantec, sebuah perusahaan pengolahan air yang berbasis di San Francisco, bekerja sama dengan Devil's Canyon Brewing Co untuk menciptakan Epic OneWater Brew.

Itu adalah bir bergaya Kolsch yang dibuat menggunakan air daur ulang dari pancuran, wastafel, dan mesin cuci di Fifteen Fifty, sebuah gedung apartemen mewah setinggi 40 lantai.

Baca juga: Kelebihan Alkohol, Bir Populer Australia Ditarik dari Pasar

"Gedung-gedung di seluruh dunia menggunakan 14% dari seluruh air yang dapat diminum," ujar Aaron Tartakovsky, CEO dan salah satu pendiri Epic Cleantec, kepada CNN.

"Hampir tidak ada gedung yang menggunakan kembali air tersebut. Itulah yang ingin kami ubah," tambahnya.

Bir tersebut saat ini tidak dijual karena peraturan yang melarang air limbah daur ulang untuk digunakan dalam minuman komersial, tetapi terbukti sukses besar di sebuah konferensi tentang teknologi bangunan berkelanjutan.

"Kami akhirnya memproduksi lebih dari 7.000 kaleng, bukan sebagai produk komersial, tetapi sebagai upaya edukasi," kata Tartakovsky.

"Hal ini dimaksudkan untuk menceritakan kisah penggunaan kembali air dengan cara yang baru. Namun, sejujurnya, kami tidak mengantisipasi respons luar biasa yang kami lihat," tambahnya.

Tartakovsky mengatakan bahwa perusahaannya sekarang sedang dalam pembicaraan dengan pabrik bir lain di seluruh dunia.

Baca juga: Sejarah Konsumsi Bir dalam Kaleng

"Kami memiliki banyak orang yang meminta lebih banyak lagi, hanya karena selain kisah lingkungan yang menarik, bir ini juga memiliki rasa yang sangat enak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com