Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Menang dalam Pemilihan Capres Partai Republik di New Hampshire

Kompas.com - 24/01/2024, 09:52 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,Reuters

NEW HAMPSHIRE, KOMPAS.com - Donald Trump memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Republik di Negara Bagian New Hampshire, Amerika Serikat (AS) pada Selasa (23/1/2024).

Ia mengalahkan pesaingnya Nikki Haley dan melanjutkan perjalanannya untuk mengunci posisi calon presiden (Capres) dari Partai Republik guna mengincar masa jabatan kedua di Gedung Putih pada November mendatang.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Donald Trump," kata Haley kepada para pendukungnya setelah jaringan TV AS dengan cepat memproyeksikan hasilnya, dikutip dari AFP.

Baca juga: Trump Menang Besar dalam Pemilihan Capres Partai Republik di Iowa, Apa Tanggapannya?

Haley kemudian bersumpah bahwa dia akan terus berjuang.

"Pertandingan ini masih jauh dari selesai," jelas dia.

Haley pun memperingatkan para pemilih Partai Republik agar menjauh dari Donald Trump.

Dia mengatakan bahwa pencalonan mantan presiden AS yang kontroversial itu akan berarti kemenangan bagi Joe Biden pada Pilpres AS 2024.

“Rahasia terburuk yang dirahasiakan dalam politik adalah seberapa besar keinginan Partai Demokrat untuk melawan Donald Trump. Nominasi Trump adalah kemenangan Biden,” katanya kepada sebuah acara di New Hampshire.

Sebelumnya, Donald Trump juga telah meraih kemenangan gemilang dalam pemilihan presiden putaran pertama Partai Republik tahun 2024 di Negara Bagian Iowa pada Senin (15/1/2024).

Ia menegaskan kekuasaannya atas partai tersebut di negara bagian itu, meskipun menghadapi sejumlah tuntutan pidana saat Trump berupaya untuk bertanding ulang dengan Presiden dari Partai Demokrat Joe Biden.

Baca juga: Ron DeSantis Mundur dari Pilpres AS 2024, Beralih Dukung Trump

Dalam pemilihan pendahuluan di Iowa, Gubernur Florida Ron DeSantis (45) berada jauh di belakang di posisi kedua, mengungguli mantan Duta Besar AS Nikki Haley (51) ketika mereka berjuang untuk menjadi alternatif utama selain Trump.

Trump (77) menang dengan selisih yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam pemilu Partai Republik di Iowa, memperkuat argumennya bahwa pencalonannya sudah pasti mengingat keunggulan besarnya dalam jajak pendapat nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com