Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPDATE Gempa di Perbatasan China-Kirgistan, 50 Orang Luka-luka

Kompas.com - 23/01/2024, 14:22 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

AKSU, KOMPAS.com - Gempa bumi bermagnitudo 7,0 di perbatasan China-Kirgistan membuat 50 orang luka-luka pada Selasa (23/1/2024).

Dikutip dari kantor berita AFP, guncangan terjadi sekitar pukul 02.00 waktu setempat di kedalaman 13 kilometer di wilayah Xinjiang, China, sekitar 140 km sebelah barat Kota Aksu

Pemerintah setempat kemudian mengerahkan tim ke pusat gempa, kata kantor berita Xinhua di Beijing, sedangkan sekitar 800 orang bersiaga untuk misi bantuan bencana besar.

Baca juga: Gempa Magnitudo 7,0 Guncang Perbatasan China-Kirgistan

Kementerian Kesehatan di negara tetangga China lainnya yaitu Kazakhstan mengatakan, 44 orang menderita berbagai tingkat luka dan mendapat bantuan medis di Almaty, kota terbesar di negara itu.

Foto dan video di media sosial serta kantor-kantor berita lokal menunjukkan warga berbondong-bondong keluar setelah gempa.

Di Kabupaten Akqi, China, enam orang menderita luka-luka, dua di antaranya luka serius, menurut unggahan akun media Pemerintah Xinjiang di platform Weibo.

Adapun 47 bangunan di wilayah tersebut roboh, sedangkan 78 lainnya rusak.

Baca juga:

Video yang beredar di media sosial China menunjukkan peralatan rumah tangga jatuh ke lantai ketika guncangan hebat mengguncang rumah-rumah.

Tayangan lain stasiun televisi negara CCTV menunjukkan petugas pemadam kebakaran memasuki gedung yang rusak dengan dinding retak dan polisi membantu warga yang terluka.

Stasiun tv lokal di ibu kota India, New Delhi, juga melaporkan guncangan di kota tersebut yang berjarak sekitar 1.400 kilometer dari pusat gempa.

Baca juga: Jutaan Ikan Sarden Terdampar di Filipina 2 Hari Sebelum Gempa M 6,7

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com