Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Salju, Para Wisatawan Batalkan Liburan di Himalaya

Kompas.com - 16/01/2024, 12:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

NEW DELHI, KOMPAS.com - Kurangnya curah hujan salju telah menyebabkan resor ski kosong dan pembatalan liburan di Himalaya India.

Para ilmuwan mengaitkan musim dingin yang tidak biasa ini dengan fenomena cuaca El Nino.

Musim kemarau di Kashmir telah mendorong para pemain ski untuk tidak mengunjungi resor populer Gulmarg, salah satu resor tertinggi di dunia.

Baca juga: Banjir Danau Glasial Himalaya, 14 Orang Tewas, 100 Lainnya Hilang

Hal ini membuat hotel-hotel di wilayah yang indah ini menunggu turunnya salju baru untuk menarik para turis ke panorama puncak-puncak gunung yang tertutup salju.

Dilansir dari Reuters, para ilmuwan mengatakan bahwa kondisi musim dingin di India utara ini belum pernah terlihat selama sekitar satu dekade, ditandai dengan tidak adanya hujan salju di pegunungan dan udara dingin yang menggigit yang diperparah oleh kabut tebal di dataran.

"Lima puluh persen dari musim ini telah berlalu," kata Farhat Naik (35), seorang instruktur papan seluncur salju di Gulmarg, sambil meratap saat melihat tanah kering dan tandus yang biasanya tertutup salju setinggi lutut.

"Kami sekarang berharap salju turun pada minggu pertama Februari," katanya, seraya menambahkan bahwa semua kliennya dari Eropa dan Amerika telah membatalkan perjalanan mereka karena kurangnya salju.

Ini jadi pukulan bagi ekonomi yang berfokus pada pariwisata dan pertanian di wilayah tersebut.

Para eksekutif industri perjalanan di negara bagian tetangga, Himachal Pradesh dan Uttarakhand juga mengeluhkan pembatalan.

Pemesanan telah turun hingga 20 persen untuk Blue Poppy Resort di resor ski Auli, di Uttarakhand, kata pemiliknya, Kushaal Sangwan.

Baca juga: Peneliti: Gletser Himalaya Bisa Kehilangan 80 Persen Volume, jika...

"Pembatalan telah melonjak dan orang-orang membatalkan (hanya) beberapa hari sebelum pemesanan jika tidak ada salju," ujarnya.

Salju dan hujan musim dingin di India utara, termasuk Himalaya, disebabkan oleh pola cuaca yang dikenal sebagai gangguan barat, badai ekstra tropis yang sering terjadi yang berasal dari Laut Mediterania.

Biasanya ada banyak badai seperti itu selama musim dingin tetapi sebagian besar badai tersebut tidak ada pada musim ini, kata RK Jenamani, seorang ilmuwan senior di Departemen Meteorologi India (IMD).

Baca juga: India Minta China Tarik Pasukan di Perbatasan Himalaya

"Ketika tidak ada sistem cuaca, bagaimana mungkin ada (salju)," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com