Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel: Lokasi Kepala Hamas Telah Diketahui, tapi Masih Pakai Sandera sebagai Perisai

Kompas.com - 10/01/2024, 21:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

TEL AVIV, KOMPAS.com - Militer Israel mengeklaim mengetahui lokasi pemimpin Hamas Yahya Sinwar, tetapi belum melancarkan serangan terhadapnya.

Ini karena Sinwar disebut masih menggunakan sandera Israel sebagai perisai manusia, demikian menurut beberapa laporan di media Israel.

Israel telah secara terbuka mencari Sinwar di Gaza selatan selama berminggu-minggu. Laporan-laporan yang menyatakan bahwa ia berada di suatu tempat di dalam labirin terowongan Hamas di bawah kota Khan Younis.

Baca juga: Israel Sebut 185 Tentaranya Tewas dalam Perang Lawan Hamas di Gaza

Namun, IDF menolak untuk mengomentari laporan bahwa mereka mengetahui lokasi pemimpin teroris tersebut.

"Laporan-laporan yang keluar dari Israel selama dua hari terakhir ini menggemakan apa yang telah saya dengar selama beberapa minggu," kata Jonathan Schanzer, wakil presiden Foundation for Defense of Democracies, kepada The Times of Israel. "Israel menyebut bahwa Yahya Sinwar bersembunyi."

Israel meyakini bahwa setidaknya ada 133 sandera Israel dan warga asing yang ditahan di Gaza, meskipun tidak jelas berapa banyak dari mereka yang masih hidup.

Militer Israel mengetahui lokasi pemimpin Hamas Yahya Sinwar, tetapi belum melancarkan serangan terhadapnya karena dia menggunakan sandera Israel sebagai perisai manusia.

Pasukan Israel mengambil alih kompleks pribadi Sinwar di Gaza beberapa minggu yang lalu, tetapi mengatakan bahwa pemimpin Hamas tersebut telah lama meninggalkan tempat tinggalnya.

Laporan dari beberapa sandera yang telah dibebaskan mengatakan bahwa Sinwar bertemu dengan mereka beberapa hari setelah mereka dibawa dari Israel ke Gaza.

"Sinwar bersama kami tiga-empat hari setelah kami tiba di sana," kata Yocheved Lifshitz, 85 tahun, kepada kantor berita Davar. "Saya bertanya kepadanya apakah dia tidak malu, melakukan hal seperti itu kepada orang-orang yang selama bertahun-tahun mendukung perdamaian? Dia tidak menjawab. Dia diam saja."

Baca juga: Kunjungi Israel, Blinken Katakan Jumlah Korban Warga Sipil di Gaza Terlalu Banyak, Dorong Perdamaian Abadi

Laporan-laporan tentang Sinwar juga mengindikasikan bahwa Israel mengetahui lokasi setidaknya beberapa sandera Israel yang tersisa.

Kedua belah pihak saat ini sedang terlibat dalam negosiasi mengenai kemungkinan pertukaran sandera putaran kedua.

Hamas menyatakan ketertarikannya untuk menukar 40 sandera Israel dengan 120 orang Palestina yang ditahan di penjara Israel pekan lalu, tetapi Israel menolak kesepakatan tersebut.

Baca juga: Tokoh Sentral Hamas Tewas dalam Serangan Israel di Suriah

Para negosiator Hamas juga menjadi dingin minggu lalu setelah salah satu pemimpinnya, Saleh al-Arouri, terbunuh dalam sebuah ledakan di Beirut, Lebanon. Israel belum mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com