Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Arab Saudi, Menlu AS Juga Bahas Normalisasi Israel

Kompas.com - 09/01/2024, 08:03 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

RIYADH, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman di Arab Saudi, Senin (8/1/2024).

Dalam pertemuannya tersebut, Menlu AS membahas mengenai normalisasi Israel. Selain di Arab Saudi, Blinken juga membahasnya selama melakukan tur di kawasan Timur Tengah.

Selama turnya itu, beberapa negara yang sudah dikunjungi Blinken telah setuju untuk bekerja sama dengan AS guna membantu pemulihan Gaza dan stabilitas jangka panjang.

Baca juga: Menlu AS: Warga Palestina Harus Bisa Tinggal di Gaza

Hal ini imbas dari perang Israel-Hamas yang masih terjadi sampai sekarang di Jalur Gaza Palestina.

"Kami sebenarnya membicarakan tentang normalisasi Israel di setiap pemberhentian, termasuk di Arab Saudi," kata Antony Blinken kepada wartawan sebelum terbang ke Tel Aviv Israel, dikutip dari AFP pada Selasa (9/1/2024).

"Saya juga dapat memberi tahu bahwa ada minat yang jelas untuk mewujudkan hal itu," imbuh dia.

Diketahui, Arab Saudi tidak bergabung dengan beberapa negara Arab termasuk tetangganya Uni Emirat Arab dalam menandatangani Perjanjian Abraham yang ditengahi AS yang mengakui Israel pada 2020.

Menjadi keputusan yang sulit

Dalam waktu tiga hari, Blinken telah mengunjungi Turki, Yunani, Yordania, Qatar, dan UEA dalam tur regional keempatnya sejak dimulainya perang Israel-Hamas.

Dia mengatakan ada kesepakatan luas mengenai keamanan bagi Israel, kepemimpinan Palestina yang bersatu untuk Tepi Barat dan Gaza yang diduduki, sampai pada akhirnya negara Palestina merdeka.

"Saat ini tidak ada seorang pun yang saya ajak bicara bahwa semua ini akan mudah. Tapi kami sepakat untuk bekerja sama dan mengoordinasikan upaya kami untuk membantu stabilisasi dan pemulihan Gaza," terangnya.

Selain itu juga untuk memetakan jalur politik ke depan bagi rakyat Palestina dan bekerja menuju perdamaian jangka panjang serta menjaga keamanan dan stabilitas.

"Saya juga menemukan bahwa para pemimpin siap membuat komitmen yang diperlukan dalam membuat keputusan sulit guna mencapai semua tujuan ini," jelas Blinken.

Baca juga: Pesan Khusus Menlu AS untuk Negara Timur Tengah Terkait Konflik Gaza

Di Arab Saudi, Blinken juga mengadakan pertemuan dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengenai penghentian perang Israel-Hamas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com