Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Terima Bantuan Dana Rp 20,73 Triliun dari Bank Dunia

Kompas.com - 25/12/2023, 22:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Al Jazeera

KYIV, KOMPAS.com - Ukraina pada Senin (25/12/2023) menerima bantuan dana penting 1,34 miliar dollar AS (Rp 20,73 triliun) dari Bank Dunia.

Sebelumnya, Ukraina sempat memperingatkan bahwa kemampuan mempertahankan diri dari invasi Rusia akan segera terpengaruh oleh terhambatnya pendanaan dari Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Kementerian Keuangan Ukraina mengungkapkan rincian pendanaan itu yang berasal dari Pembiayaan Tambahan Keenam dalam proyek Pengeluaran Publik untuk Ketahanan Kapasitas Administratif di Ukraina (PEACE):

Baca juga: Ukraina Disasar 31 Drone da Rusia Saat Peringatan Natal 2023

  • Pinjaman 1,086 miliar dollar AS dari Bank Dunia (Rp 16,8 triliun)
  • Hibah 190 juta dollar AS (Rp 2,93 triliun) dari Norwegia
  • Hibah 50 juta dollar AS (Rp 773,5 miliar) dari Amerika Serikat
  • Hibah 20 juta dollar AS (Rp 309,42 miliar) dari Swiss

Dana-dana tersebut kemungkinan akan digunakan untuk mengompensasi sebagian pengeluaran anggaran negara Ukraina yang tidak terkait keamanan dan pertahanan, termasuk pembayaran sosial hari tua dan pembayaran pegawai layanan darurat negara.

Baca juga:

“Bantuan keuangan internasional adalah kontribusi signifikan dalam menjaga stabilitas keuangan dan ekonomi Ukraina dan memungkinkan kami memberikan prioritas belanja sosial selama perang,” kata Menteri Keuangan Ukraina Serhiy Marchenko, dikutip dari Al Jazeera.

“Sejak awal invasi besar-besaran, Pemerintah Jepang, Amerika Serikat, Norwegia, dan Swiss berulang kali menunjukkan dukungan dan solidaritas mereka yang teguh terhadap Ukraina."

"Saya berterima kasih kepada para mitra kami atas kesediaan mereka bekerja sama dan membantu kami di saat yang genting bagi Ukraina,” lanjutnya.

Baca juga: Ukraina Rencanakan Mobilisasi 500.000 Warga Lawan Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com