Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Singapura Melonjak, Tertinggi di 2023

Kompas.com - 22/12/2023, 13:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNA

SINGAPURA, KOMPAS.com - Jumlah pasien Covid-19 baru yang dirawat di rumah sakit di Singapura melonjak menjadi 965 pada minggu lalu, naik dari 763 pasien pada minggu sebelumnya.

Jumlah pasien yang dirawat di ruang perawatan intensif (ICU) meningkat dari 23 menjadi 32 pasien pada periode yang sama.

Ini adalah jumlah tertinggi untuk rawat inap mingguan baru dan pasien yang masuk ICU untuk pasien Covid-19 pada tahun 2023.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik, Malaysia Tak Berencana Terapkan Kembali Pembatasan

Dilansir dari CNA, sebagai perbandingan, jumlah rawat inap mingguan pada minggu sebelumnya adalah 460, sementara jumlah pasien baru yang masuk ICU adalah sembilan orang.

Perkiraan jumlah kasus infeksi Covid-19 untuk minggu 10 Desember hingga 16 Desember juga merupakan yang tertinggi untuk tahun ini, dengan 58.300 kasus untuk minggu ke-50, naik dari rekor sebelumnya yaitu 56.043 kasus pada minggu sebelumnya.

Angka-angka terbaru ini dipublikasikan di situs web Kementerian Kesehatan pada Kamis (21/12/2023) malam.

Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa rata-rata pergerakan tujuh hari estimasi jumlah kasus harian telah menurun dalam beberapa hari terakhir, turun dari 7.730 pada 17 Desember menjadi 6.820 pada hari berikutnya dan kemudian 6.530 kasus pada 19 Desember.

"Indikator pemanfaatan layanan kesehatan seperti kasus rawat inap dan ICU biasanya tertinggal dari perkiraan jumlah infeksi mingguan," kata Kementerian Kesehatan dalam situs webnya.

"Hal ini disebabkan oleh waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan gejala pada pasien Covid-19," tambahnya.

Di tengah lonjakan infeksi Covid-19 di sini, Kementerian Kesehatan Singapura minggu lalu sangat mendesak masyarakat untuk mengenakan masker di tempat-tempat keramaian meskipun mereka tidak sakit.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak di Asia Tenggara, Kebersihan Diri Harus Dijaga

Mereka juga mengumumkan pembangunan fasilitas perawatan Covid-19 kedua yang terletak di Singapore Expo Hall 10.

Lalu, mulai 19 Desember, mereka akan memberikan pembaruan harian tentang kasus Covid-19 di situs webnya untuk memberikan informasi terbaru selama periode lonjakan kasus ini.

Angka-angka kementerian pada Kamis juga menunjukkan bahwa rata-rata kasus rawat inap harian yang tercatat juga merupakan yang tertinggi untuk tahun ini.

Baca juga: Gelombang Ke-11 Covid-19 Terjang Singapura, Warga Diimbau Pakai Masker Lagi

Angka 560 kasus tersebut meningkat dari 350 kasus pada minggu sebelumnya dan 225 kasus pada minggu sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com