Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 Varian Baru Naik di Sejumlah Negara Asia Tenggara, Begini Situasinya

Kompas.com - 06/12/2023, 09:01 WIB
BBC News Indonesia,
Irawan Sapto Adhi

Tim Redaksi

MANILA, KOMPAS.com - Kasus positif Covid-19 meningkat di sejumlah negara Asia Tenggara dalam beberapa pekan terakhir, antara lain Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Kementerian Kesehatan Indonesia juga mencatat peningkatan serupa di hampir semua provinsi.

Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, sejak Agustus lalu varian baru virus Covid-19, yaitu EG.5 dan EG.2 sudah masuk ke Indonesia.

Baca juga: Pria Singapura yang Gugat Wanita karena Rayuannya Ditolak, Didakwa Penipuan Jual Macbook

Siti berkata, varian EG.5 dan EG.2 itu yang belakangan dominan memicu kasus positif Covid-19 di Indonesia. Kasus Covid-19 di Singapura juga didominasi varian virus tersebut.

"Ada peningkatan kasus, dari yang biasanya 10-20 kasus per minggu, pekan kemarin ada peningkatan sampai 267 kasus per minggu," ujar Siti kepada BBC News Indonesia, Selasa (5/12/2023), melalui pesan tertulis.

"Jumlah kasus positifnya sedikit, jadi ada pada satu saat di sebuah provinsi, tapi bisa tidak ada pada saat yang lain. Jadi hampir di semua provinsi ada," kata Siti.

Merespons peningkatan kasus ini, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mendorong masyarakat untuk menjalankan perlindungan ganda, yakni menerima vaksin dan mematuhi protokol kesehatan.

"Kami juga melihat ada kenaikan kasus, cuma memang bagusnya kami masih ada vaksinasi. Kalau divaksin, kita seharusnya bisa bagus," ujar Budi dalam keterangan tertulis, seperti dilansir dari Kompas.com.

Presiden Filipina terpapar

Peningkatan kasus Covid-19 sebelumnya telah dikonfirmasi oleh otoritas kesehatan di Singapura, Malaysia, dan Filipina.

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. dinyatakan juga terpapar dan akan menjalani isolasi mandiri selama lima hari.

Baca juga: Presiden Marcos Jr. Dinyatakan Positif Covid-19 Saat Filipina Hadapi Lonjakan Kasus Baru

Istana Kepresidenan Filipina, dalam keterangan tertulis, Selasa pagi tadi, menyebut kesehatan Marcos tidak memburuk sehingga dia bisa mengikuti sejumlah pertemuan daring.

"Presiden tetap sehat untuk menjalankan tugas-tugasnya dan akan mengikuti agenda yang telah disusun secara daring," begitu tulis keterangan tersebut, seperti dilansir Reuters.

Merujuk data Kementerian Kesehatan Filipina, terdapat 1.340 kasus positif Covid-19 dalam satu pekan terakhir.

Melonjak 57,3 persen di Malaysia

Di Malaysia, kasus Covid-19 baru selama 19 hingga 25 November lalu mencapai 3.636 kasus. Angka itu setara dengan peningkatan sebesar 57,3 persen. Pada pekan sebelumnya, jumlah kasus Covid-19 di Malaysia tercatat sebanyak 2.305 kasus.

Dari total kasus itu, merujuk keterangan Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Muhammad Radzi Abu Hassan, 98 persen orang yang terpapar menunjukkan gejala ringan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com