Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas: Israel Telat Temukan Terowongan Bawah Tanah Terbesar di Gaza

Kompas.com - 19/12/2023, 18:46 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

GAZA, KOMPAS.com - Hamas pada Senin (18/12/2023) mengatakan, Israel telat menemukan terowongan bawah tanah terbesar di Gaza yang dipakai kelompok tersebut.

Seorang pejabat senior Hamas kemudian meremehkan pengumuman Israel tentang temuan tersebut.

Pada Minggu (17/12/2023), tentara Israel atau IDF mempublikasikan gambar terowongan terbesar Hamas yang ditemukan di bawah Jalur Gaza sejauh ini, dekat persimpangan Erez antara wilayah Palestina dan Israel.

Baca juga: Tentara Israel Temukan Terowongan Hamas Terbesar, Banyak Senjata Siap Digunakan

IDF menyebutkan, jalur bawah tanah itu bagian dari jaringan percabangan lebih luas yang membentang lebih dari empat kilometer.

Menurut Israel, pembangunan terowongan ini menelan biaya jutaan dollar AS dan butuh waktu bertahun-tahun karena dilengkapi rel, listrik, drainase, dan jaringan komunikasi.

"Penerbitan gambar terowongan panjang... 72 hari setelah dimulainya agresi (Israel), sudah terlambat," kata pejabat senior Hamas yaitu Osama Hamdan pada konferensi pers di Beirut, Lebanon, dikutip dari kantor berita AFP.

"Berkat terowongan ini, misi yang ingin kami capai terlaksana dengan sukses," lanjut Hamdan tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Baca juga:

Perang Israel-Hamas pecah sejak 7 Oktober 2023. Serangan Hamas menyebabkan sekitar 1.140 orang tewas di Israel yang mayoritas warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi.

Sekitar 250 orang juga disandera di Jalur Gaza dalam serangan itu, dan 129 di antaranya masih disandera di sana, menurut pihak berwenang Israel.

Adapun serangan balasan Israel di Gaza merenggut setidaknya 19.453 nyawa, menurut Kementerian Kesehatan wilayah kantong Palestina itunyang dikelola Hamas.

Baca juga: Israel Klaim Temukan Poros Terowongan di RS Al Shifa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com