Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sengaja Jatuhkan Pesawat demi Konten, YouTuber AS Akhirnya Ditahan

Kompas.com - 05/12/2023, 15:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNA

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Seorang YouTuber pemberani yang dengan sengaja menjatuhkan pesawatnya untuk meningkatkan jumlah pemirsa di salurannya dan kemudian berbohong kepada penyelidik telah dipenjara selama enam bulan setelah mencapai kesepakatan pembelaan.

Pihak berwenang AS mengumumkan hal ini pada Senin (4/12/2023).

Dilansir dari CNA, dalam video peristiwa bertajuk "I crash my plane," Trevor Jacob tampak mengalami gangguan mesin saat terbang di atas California selatan pada November 2021.

Baca juga: Jepang Selidiki YouTuber yang Tak Bayar Tarif Kereta dan Curi Makanan

Rekaman dramatis tersebut, yang ditonton jutaan kali di YouTube, menunjukkan Jacob, kini berusia 30 tahun, keluar dari pesawat bermesin tunggal dengan tongkat selfie di tangan dan terjun payung ke dalam vegetasi lebat di Hutan Nasional Los Padres.

Kamera yang ditempatkan di seluruh pesawat menunjukkan pesawat tersebut turun di luar kendali ke dalam hutan dan akhirnya mendarat darurat.

Jacob, mantan pemain seluncur salju Olimpiade, memfilmkan dirinya sedang mendaki ke reruntuhan di mana dia tampak kecewa saat mengetahui air yang dia bawa telah hilang.

Namun, dia memiliki pemikiran untuk memulihkan rekaman dari kamera.

Dia kemudian mendokumentasikan perjalanan yang tampaknya sulit melewati semak-semak untuk mencapai tempat aman.

Beberapa minggu setelah kejadian tersebut, penyelidik dari Dewan Keselamatan Transportasi Nasional dan Administrasi Penerbangan Federal (FAA) meluncurkan penyelidikan atas kecelakaan tersebut, dan Jacob diperintahkan untuk mengawetkan puing-puing tersebut.

YouTuber tersebut mengatakan kepada petugas bahwa dia tidak tahu di mana pesawat itu jatuh.

Baca juga: Beli Nasi Campur Harganya Rp 106.000, YouTuber Malaysia Kaget

Faktanya, pada 10 Desember 2021, Jacob dan seorang temannya terbang dengan helikopter ke lokasi reruntuhan, kata Kantor Kejaksaan AS untuk Distrik Pusat California.

"Di sana, Jacob menggunakan tali pengikat untuk mengamankan puing-puing, yang diangkat oleh helikopter dan dibawa ke Rancho Sisquoc di Santa Barbara County, di mana puing-puing tersebut dimuat ke dalam trailer yang terpasang pada truk pikap Jacob," ujarnya.

Sisa-sisa pesawat bermesin tunggal itu dipotong kecil-kecil dan dibuang ke tempat sampah di dalam dan sekitar Bandara Lompoc City, dalam upaya untuk menyembunyikan bukti kecelakaan tersebut.

FAA, badan yang mengatur penerbangan di Amerika Serikat, mencabut lisensi pilot Jacob pada April 2022.

Baca juga: YouTuber Jadi Pejabat Jepang, Didepak Parlemen karena Tak Pernah Ngantor

Ketika penyelidik mendekat, Jacob membuat kesepakatan dan setuju untuk mengaku bersalah atas satu tuduhan perusakan dan penyembunyian dengan maksud untuk menghalangi penyelidikan federal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com