Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber Jadi Pejabat Jepang, Didepak Parlemen karena Tak Pernah "Ngantor"

Kompas.com - 14/03/2023, 22:28 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber BBC

TOKYO, KOMPAS.com - Yoshikazu Higashitani, YouTuber dengan nama akun GaaSyy yang menjadi pejabat Jepang, pada Selasa (14/3/2023) didepak parlemen karena tidak pernah masuk kerja.

YouTuber gosip selebritas itu akan menjadi anggota parlemen Jepang pertama yang dikeluarkan tanpa pernah benar-benar melakoni pekerjaannya.

Dikutip dari BBC, dia tidak menghadiri satu hari pun sidang parlemen sejak terpilih tujuh bulan lalu.

Baca juga: Beritakan Tsunami Tonga, TV Australia Putar Video YouTuber Indonesia Dikejar Ombak Bono Riau

Komite disiplin parlemen kemudian mencabut statusnya karena terus absen.

Higashitani terpilih masuk ke parlemen melalui pemungutan suara pada Juli 2022. Dia lebih dikenal sebagai GaaSyy di YouTube yang terkenal dengan video gosip selebritasnya.

Pendepakan adalah hukuman terberat yang bisa diterima anggota parlemen. Sejak 1950 di Jepang baru terjadi dua kali, dan ini kali pertama anggota parlemen dikeluarkan karena selalu absen.

Anggota parlemen yang dijuluki "No-show MP (Member of Parliament) ini diyakini tinggal di Uni Emirat Arab.

Yoshikazu Higashitani sejauh ini menolak menghadiri parlemen dengan alasan takut ditangkap atas tuduhan penipuan dan klaim pencemaran nama baik oleh para selebriti, menurut laporan media-media Jepang.

Dia salah satu dari dua anggota yang dipilih dari partai oposisi Seijika-joshi-48. Partai yang sebelumnya dikenal sebagai Partai NHK itu hanya mengangkat isu reformasi penyiaran publik Jepang.

Partai tersebut sering mengubah namanya untuk alasan publisitas, menurut surat kabar Asahi Shimbun.

Baca juga:

Pekan lalu, parlemen menuntut Higashitani terbang ke Tokyo untuk menyampaikan permintaan maaf secara langsung di majelis atas ketidakhadirannya.

Para anggota parlemen mengatakan bahwa ini akan menjadi kesempatan terakhir untuk penebusan, tetapi Higashitani tidak hadir di sesi pleno.

Sebaliknya, di kanal YouTube-nya dia mengumumkan akan pergi ke Turkiye dan berencana menyumbangkan gajinya untuk membantu korban gempa.

Ketidakhadirannya membuat marah Senat dan para anggotanya memilih untuk mendepaknya pekan ini.

Satu-satunya rekan partainya yaitu Hamada Satoshi berpendapat, mengeluarkan Higashitani adalah ilegal karena ketidakhadirannya dari sesi, tetapi panitia memilih dengan suara bulat untuk mendepaknya.

Baca juga: Saat YouTuber Indonesia di Swiss Ramai-ramai Serbu Sungai Aare Setelah Insiden Eril...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com