Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Tawarkan Masuk Bebas Visa bagi Warga Malaysia dan Negara Eropa

Kompas.com - 25/11/2023, 11:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

BEIJING, KOMPAS.com - China untuk sementara waktu akan membebaskan warga negara Perancis, Jerman, Italia, Belanda, Spanyol, dan Malaysia dari keharusan mendapatkan visa untuk mengunjungi negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Ini dilakukan dalam upaya meningkatkan pariwisata pascapandemi.

Mulai 1 Desember hingga 30 November tahun depan, warga negara dari negara-negara tersebut yang memasuki China untuk tujuan bisnis, pariwisata, mengunjungi kerabat dan teman, atau transit tidak lebih dari 15 hari, tidak memerlukan visa, kata juru bicara kementerian luar negeri pada Jumat (24/11/2023), dilansir dari Reuters.

Baca juga: Nasib Pria yang Pernah Sebut Xi Jinping Xitler, Terancam Tak Selamat Jika Kembali ke China

China telah mengambil langkah-langkah dalam beberapa bulan terakhir, termasuk memulihkan rute penerbangan internasional, untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata setelah tiga tahun menerapkan kebijakan ketat terkait Covid-19 yang sebagian besar menutup perbatasannya dengan dunia luar.

Pemerintah juga berupaya membangun kembali citranya di seluruh dunia setelah bentrok dengan banyak negara Barat dalam berbagai masalah termasuk Covid-19, hak asasi manusia, Taiwan, dan perdagangan.

Survei Pew Research Center baru-baru ini di 24 negara mengungkapkan bahwa pandangan terhadap Tiongkok umumnya bersifat negatif, dengan 67 persen orang dewasa menyatakan pandangan yang tidak menyenangkan.

Lebih dari separuh responden mengatakan China ikut campur dalam urusan negara lain dan tidak mempertimbangkan kepentingan negara lain.

“Keputusan ini akan memfasilitasi perjalanan ke China bagi banyak warga Jerman hingga tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Duta Besar Jerman untuk China, Patricia Flor, melalui platform media sosial X.

“Kami berharap pemerintah China akan menerapkan langkah-langkah yang diumumkan hari ini untuk semua negara anggota UE,” katanya.

Perjalanan bebas visa ke Jerman untuk warga negara China hanya dapat dilakukan jika semua anggota Perjanjian Schengen Eropa menyetujuinya, katanya.

Baca juga: Pencuri di China Tertidur saat Beraksi, Mendengkur Keras Membangunkan Tuan Rumah

Kepala perdagangan luar negeri Kamar Dagang dan Industri Jerman (DIHK) memuji pengumuman pembebasan visa sementara sebagai sinyal penting yang dapat meningkatkan pariwisata dan pertukaran ekonomi.

Menteri Luar Negeri Perancis Catherine Colonna, yang berada di Beijing, menulis di X:

Baca juga: Penyakit Mirip Influenza Menyebar di China Utara, WHO Minta Banyak Data

"Pengumuman baru yang sangat bagus pada kesempatan kunjungan saya dari mitra saya Wang Yi!"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com