Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Israel Hancurkan Bangsal RS Al-Shifa di Gaza

Kompas.com - 12/11/2023, 17:42 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

JALUR GAZA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Kesehatan di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas, Youssef Abu Rish, pada Minggu (12/11/2023) mengatakan, serangan udara Israel menghancurkan bangsal jantung di RS Al-Shifa, saat pertempuran berkecamuk di sekitar RS terbesar di Gaza tersebut.

"Penjajah (Israel) benar-benar menghancurkan departemen jantung di rumah sakit Al-Shifa... Bangunan dua lantai itu telah hancur total dalam serangan udara," kata Youssef Abu Rish kepada AFP.

Para saksi mata mengonfirmasi adanya serangan terhadap rumah sakit tersebut, yang tidak dapat diverifikasi secara independen oleh AFP.

Baca juga: Dokter di RS Al-Shifa Gaza: Kami Kesulitan Rawat Pasien, Ada Serangan Terus-menerus

Militer Israel tidak segera menanggapi permintaan komentar dasri AFP.

Namun, Israel sebelumnya membantah sengaja menargetkan rumah sakit tersebut.

Meski begitu, Israel telah berulang kali menuduh Hamas menggunakan fasilitas medis atau terowongan di bawahnya sebagai pusat komando dan tempat persembunyian.

Tuduhan itu telah dibantah Hamas.

Sementara itu, sbuah pernyataan militer Israel pada Minggu mengatakan, tentara telah membuka dan mengamankan jalan yang memungkinkan penduduk sipil untuk mengungsi, dengan berjalan kaki dan dengan ambulans, dari rumah sakit Shifa, Rantisi, dan Nasser.

Baca juga: Lingkungan RS Indonesia di Gaza Dihantam 11 Rudal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com