Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Akan Bertemu Xi Jinping di San Francisco pada 15 November

Kompas.com - 09/11/2023, 12:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping diperkirakan akan bertemu pada 15 November 2023 di San Francisco.

Menurut pejabat AS dan diplomat yang berbasis di Washington dengan syarat anonimitas pada Rabu (8/11/2023), ini adalah pertemuan pertama kedua pihak dalam satu tahun.

AS dan China belum secara resmi mengumumkan tanggalnya, tetapi disebut sudah berencana melakukan pertemuan di sela-sela KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) mendatang di San Francisco, Amerika Serikat.

Baca juga: Biden Akan Jamu Jokowi di Gedung Putih AS pada 13 November

Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre pada 31 Oktober 2023 mengatakan, AS mengharapkan pembicaraan konstruktif antara kedua presiden di San Francisco.

Kantor berita AFP melaporkan, pertemuan Biden dan Xi akan menjadi yang pertama di antara mereka sejak berjumpa di sela-sela KTT G20 Bali pada November 2022.

Biden dan Xi sama-sama memberi tanggapan positif mengenai pertemuan tersebut, dan mengatakan bahwa mereka sedang mencari cara untuk menghindari konflik.

Namun, ketegangan berulang kali muncul kembali. AS pada awal tahun ini memprotes benda yang mereka sebut balon mata-mata China di wilayah udara "Negeri Paman Sam".

Baca juga:

China kemudian marah dengan meningkatnya tekanan AS, termasuk pembatasan chip berteknologi tinggi, yang Washington khawatirkan akan digunakan Beijing untuk keperluan militer.

Ketegangan juga sangat tinggi terkait Taiwan, pulau demokrasi dengan pemerintahan mandiri yang diklaim China dan tidak menutup kemungkinan akan direbut paksa jika perlu.

China beberapa kali melakukan latihan militer besar-besaran sebagai tanggapan tindakan pro-Taiwan yang dilakukan para pemimpin Kongres AS.

Baca juga: Sering Gigit Staf, Anjing Biden Akhirnya Dipindah dari Gedung Putih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com