Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parlemen AS Batal Tutup, Biden Minta Kongres Segera Setujui Bantuan ke Ukraina

Kompas.com - 01/10/2023, 16:01 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyambut baik batalnya penutupan parlemen, tetapi meminta Kongres segera menyetujui bantuan ke Ukraina.

“Dalam kondisi apa pun, kami tidak dapat membiarkan dukungan Amerika terhadap Ukraina terganggu,” kata Biden, dikutip dari kantor berita AFP pada Minggu (1/10/2023).

"Saya sepenuhnya berharap Ketua DPR akan menepati komitmennya kepada rakyat Ukraina dan menjamin pemberian dukungan yang diperlukan guna membantu Ukraina pada saat kritis ini," tambahnya, mengacu pada Ketua DPR dari Partai Republik, Kevin McCarthy.

Baca juga: Biden Jabat Tangan Zelensky, Yakinkan AS Akan Terus di Pihak Ukraina

Para anggota parlemen sekarang harus mengurusi RUU bantuan militer senilai 24 miliar dollar AS (Rp 372,36 triliun) untuk Ukraina, yang diinginkan Biden dalam anggaran tersebut.

Media-media AS melaporkan, pemungutan suara mungkin dilakukan awal minggu depan.

Partai Republik sayap kanan sangat menentang dimasukkannya bantuan Ukraina dalam rancangan tersebut, tetapi Partai Republik yang berhaluan moderat--termasuk McCarthy--mendukungnya.

Baca juga:

Biden menambahkan, kesepakatan untuk mencegah penutupan parlemen adalah kabar baik bagi rakyat Amerika, tetapi menyebut posisi ini seharusnya tidak terjadi sejak awal.

Baca juga: Biden Kecewa Xi Jinping Tak Hadir di KTT G20 India

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com