Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-607 Serangan Rusia ke Ukraina: Teka-teki Pembunuh Darya Dugina | Rusia Tekan Avdiivka dan Kupiansk

Kompas.com - 24/10/2023, 16:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-607 pada Senin (23/10/2023).

Ini termasuk, Surat kabar AS, The Washington Post melaporkan, badan mata-mata Ukraina lah yang mengatur pembunuhan putri seorang pemimpin garis keras Kremlin pada tahun lalu.

Sementara itu, pasukan Rusia melancarkan serangan ke dua wilayah garis depan di Ukraina timur, berusaha memutus satu-satunya jalur pasokan ke kota Avdiivka yang hancur dan maju ke kota penting Kupiansk lebih jauh ke utara.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-606 Serangan Rusia ke Ukraina: Lavrov ke Iran | Avdiivka Terlindungi

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-607 yang dapat Anda simak”

Teka-teki pembunuh Darya Dugina mulai terungkap

The Washington Post pada Senin melaporkan, badan mata-mata Ukraina mengatur pembunuhan putri seorang pemimpin garis keras Kremlin pada tahun lalu dengan menggunakan bagian-bagian bom yang diselundupkan ke dalam kandang kucing. 

Darya Dugina, putri ideolog Rusia Alexander Dugin, yang berusia 29 tahun, seorang pendukung invasi Ukraina, tewas dalam pengeboman mobil yang mengejutkan di pinggiran Moskwa pada Agustus 2022.

The Washington Post melaporkan, beberapa pekan sebelumnya, seorang ibu dan putrinya yang berusia 12 tahun berkendara ke Rusia dari Estonia dengan mobil yang "berantakan" yang berisi kandang kucing dengan kompartemen tersembunyi untuk menyimpan bagian-bagian bom yang menewaskan Dugin.

The Washington Post memberitakan hal itu dengan mengutip keterangan pejabat keamanan yang tidak disebutkan namanya yang mengetahui operasi tersebut.

Perempuan itu mengambil sebuah apartemen di kompleks yang sama dengan Dugina dan mengawasinya sebelum operasi, kata para pejabat Rusia. Bom itu dimaksudkan untuk membunuh Dugin, tetapi ia masuk ke dalam mobil yang berbeda.

Baca juga: Rangkuman Hari ke-605 Serangan Rusia ke Ukraina: Rudal Rusia Hantam Dnipropetrovsk | Putin Kunjungi Markas di Perbatasan

Erdogan serahkan permohonan keanggotaan NATO Swedia ke Parlemen Turkiye

Presiden Recep Tayyip Erdogan dari Turkiye secara resmi menyerahkan permohonan keanggotaan Swedia di NATO ke parlemen Turkiye pada hari Senin.

Hal itu mendekatkan kemungkinan berakhirnya kebuntuan diplomatik yang telah berlangsung selama 17 bulan.

Turkiye dan Hongaria adalah satu-satunya anggota NATO yang belum meratifikasi permintaan keanggotaan Swedia, yang diajukan setelah Stockholm membatalkan kebijakan non-blok yang sudah lama ada pada tahun lalu setelah Rusia melancarkan perang terhadap Ukraina.

Erdogan setuju pada KTT NATO di Vilnius pada bulan Juli untuk mengajukan ratifikasi keanggotaan Swedia ke parlemen Turkiye ketika tekanan meningkat terhadap Ankara dari para mitranya.

“Protokol keanggotaan NATO Swedia ditandatangani pada 23 Oktober 2023, oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan dan dikirim ke Majelis Agung Nasional Turki,” tulis kepresidenan Turkiye di X, dikutip dari AFP.

Pengadilan Rusia perpanjang penahanan jurnalis AS-Rusia

Pengadilan Rusia pada Senin memerintahkan jurnalis Rusia-Amerika Alsu Kurmasheva untuk ditahan hingga 5 Desember

Halaman Berikutnya
Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com