Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Ingin Hidup Berdampingan Secara Damai dengan China

Kompas.com - 11/10/2023, 20:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber DW

TAIPEI, KOMPAS.com - Taiwan ingin hidup berdampingan secara damai dengan China.

Hal ini disampaikan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, seraya menambahkan bahwa rakyat Taiwan akan tetap bebas selama beberapa generasi.

Pernyataan Tsai agar perdamaian antara Taiwan dan China menjadi satu-satunya pilihan muncul saat ia menyampaikan pidato Hari Nasional terakhirnya pada Selasa (10/10/2023).

Baca juga: Taiwan Desak China Hentikan Kegiatan Militer Sepihak

Setelah dua masa jabatan, Tsai tidak dapat mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilu yang akan diadakan pada Januari.

Dilansir dari DW, selama masa jabatannya, Tsai telah mendorong dialog dengan China, namun Beijing berulang kali menolak tawarannya untuk melakukan pembicaraan damai.

China, yang mengeklaim Taiwan memiliki pemerintahan sendiri sebagai wilayahnya, menghentikan sebagian besar komunikasi dengan pemerintahnya segera setelah ia terpilih sebagai presiden pada tahun 2016.

Dalam pidatonya, Tsai mengatakan demokrasi telah berkembang pesat di Taiwan meskipun ada peningkatan tekanan politik dan militer dari China.

Tsai menambahkan bahwa sudah menjadi tugasnya untuk menjaga kedaulatan nasional dan cara hidup demokratis dan bebas dari 23 juta penduduk Taiwan.

Meskipun ia menegaskan perlunya pemerintahan mandiri dan mempertahankan status quo, pidatonya juga ditandai dengan nada yang menenangkan.

Dia mengatakan Taiwan mengupayakan hidup berdampingan secara damai, dengan interaksi yang bebas, tidak terbatas, dan tidak terbebani antara orang-orang di selat tersebut.

Baca juga: Taiwan Deteksi Kehadiran 55 Pesawat Tempur China

“Kami bersedia mengambil konsensus publik Taiwan sebagai dasar … dengan proses dialog demokratis dan fokus pada mempertahankan status quo untuk mengembangkan landasan interaksi yang dapat diterima bersama dengan otoritas Beijing,” katanya.

Dia juga menyebut peluncuran kapal selam produksi dalam negeri Taiwan baru-baru ini sebagai terobosan besar dalam upaya menghidupkan kembali industri senjata dalam negeri.

“Kami mengambil langkah maju yang besar dalam swasembada pertahanan nasional dan semakin meningkatkan kemampuan asimetris militer kami,” katanya.

Baca juga: 103 Pesawat Tempur China Terbang di Sekitar Taiwan

Meskipun Tsai tidak dapat mencalonkan diri dalam pemilu, partainya berupaya untuk tetap berkuasa dan melawan kaum Nasionalis, yang secara resmi menginginkan penyatuan antara pihak-pihak yang terpecah di tengah perang saudara pada tahun 1949.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com