Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bush Kaget Prigozhin Pernah Sajikan Makan Malam Untuknya di St Petersburg

Kompas.com - 14/09/2023, 19:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sebuah foto dari tahun 2006 menunjukkan Yevgeny Prigozhin sedang menyajikan makan malam untuk mantan presiden AS George W Bush.

Bush terkejut mengetahui fakta bahwa dia bertemu langsung dengan Prigozhin, yang sekarang diyakini sudah meninggal.

Prigozhin melayani Presiden Rusia Vladimir Putin, sehingga mendapat julukan "koki Putin".

Baca juga: Terungkap Sosok di Balik Rencana Pembunuhan George W Bush dan Skenario Serangannya

Mantan Presiden George W Bush mengatakan dia terkejut saat mengetahui bahwa Yevgeny Prigozhin, pemimpin lama Grup Wagner, telah menyajikan makan malam untuknya lebih dari 17 tahun yang lalu.

Saat berbicara di konferensi Strategi Eropa Yalta, Bush ditanya apakah menurutnya laporan kematian Prigozhin dalam kecelakaan pesawat mengejutkan baginya.

Konferensi tersebut diadakan di Kyiv, namun Bush bergabung melalui panggilan video.

“Tidak, yang mengejutkan saya adalah saya melihat gambar pada pertemuan puncak G8 di St. Petersburg beberapa hari yang lalu, di mana dia adalah orang yang menyajikan makanan kepada saya,” kata Bush, seperti dilansir dari Business Insider.

“Dia adalah koki Putin, dan dia ada dalam foto itu,” kata mantan presiden itu sambil tersenyum.

Bush mengatakan dia tidak ingat pernah bertemu langsung dengan pria tersebut. "Yang saya tahu adalah saya selamat," tambahnya.

Ia kemudian ditanya apakah menurutnya Presiden Rusia Vladimir Putin dapat selamat dari konsekuensi perang Rusia di Ukraina jika konflik tersebut tidak berakhir menguntungkan Moskwa.

Baca juga: Rencanakan Pembunuhan George W. Bush, Pria Irak Ditangkap FBI di AS

“Itu terserah rakyat Rusia,” jawab Bush. "Ini bukan tergantung pada rakyat Amerika. Ini bukan tergantung pada rakyat Ukraina. Itu tergantung pada rakyat Rusia yang memutuskan. Mereka adalah orang-orang pintar."

Sebuah foto bertanggal 14 Juli 2006 memperlihatkan momen Bush dan istrinya, Laura, bertemu Prigozhin saat pasangan itu makan malam bersama Putin.

Prigozhin tampak sedang menyajikan atau menghidangkan minuman kepada Bush.

Mereka berada di Istana Konstantin di St. Petersburg selama KTT G8 ke-32. Ini adalah pertama kalinya Rusia menjadi tuan rumah pertemuan G8.

Baca juga: [UNIK GLOBAL] Bush Salah Sebut Ukraina jadi Irak | Orang Tua Gugat Anak karena Tak Dapat Cucu

Saat itu, baik Washington maupun Moskow sedang mendiskusikan pembukaan perdagangan lebih lanjut antara kedua negara dan kemungkinan Rusia bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia.

Pada masa itu, Prigozhin mendapat julukan "koki Putin" karena ia memberikan layanan katering kepada pemimpin Rusia tersebut. Perusahaannya, Concord, membantu menyelenggarakan jamuan makan kenegaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com