Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertemuan Kim Jong Un-Putin: Santap Siang Mewah, Minum Anggur dan Saling Memuji

Kompas.com - 13/09/2023, 20:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dalam sebuah pertemuan yang jarang terjadi pada hari Rabu (13/9/2023).

Mereka membahas masalah militer, perang di Ukraina dan kemungkinan bantuan Rusia untuk program satelit negara Komunis tersebut.

Putin mengajak Kim berkeliling di sekitar lokasi peluncuran roket ruang angkasa tercanggih Rusia di Timur Jauh Rusia setelah Kim tiba dengan kereta api dari Korea Utara.

Baca juga: Isi Pertemuan Kim Jong Un dan Putin di Rusia

Dilansir dari Reuters, Kim mengajukan banyak pertanyaan mendetail tentang roket saat Putin mengajaknya berkeliling Vostochny Cosmodrome.

Setelah tur, Putin, 70 tahun, dan Kim, 39 tahun, mengadakan pembicaraan selama beberapa jam dengan para menterinya dan kemudian berbicara empat mata.

Mereka kemudian melakukan makan siang mewah dengan pangsit "pelmeni" Rusia yang terbuat dari kepiting Kamchatka dan ikan sturgeon dengan jamur dan kentang.

Kim bersulang dengan segelas anggur Rusia untuk kesehatan Putin, untuk kemenangan Rusia dan persahabatan Korea-Rusia.

Dia meramalkan kemenangan Rusia dalam pertarungan suci dengan Barat dalam perang Ukraina.

"Saya sangat yakin bahwa tentara dan rakyat Rusia yang heroik akan dengan cemerlang mewarisi kemenangan dan tradisi mereka dan dengan penuh semangat menunjukkan martabat dan kehormatan mereka yang mulia di dua sisi operasi militer dan membangun negara yang kuat," kata Kim kepada Putin.

"Tentara dan rakyat Rusia pasti akan meraih kemenangan besar dalam perjuangan suci untuk menghukum kejahatan besar yang mengklaim hegemoni dan memberi makan ilusi ekspansionis," tambah Kim sambil mengangkat gelasnya.

Baca juga: China: Pertemuan Kim Jong Un dan Putin Bahas Hubungan Korea Utara-Rusia

Para pejabat AS dan Korea Selatan telah menyatakan keprihatinan mereka bahwa Kim akan memberikan senjata dan amunisi kepada Rusia, yang telah menghabiskan banyak sekali persediaan selama lebih dari 18 bulan perang di Ukraina. Moskwa dan Pyongyang telah membantah niat tersebut.

Putin memberikan banyak petunjuk bahwa kerja sama militer telah didiskusikan namun tidak banyak memberikan rincian.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu menghadiri pembicaraan tersebut dan Kremlin mengatakan bahwa kedua negara tetangga ini membahas isu-isu sensitif yang tidak boleh dibicarakan di depan umum.

Ketika ditanya oleh media Rusia, yang diberi akses yang signifikan pada KTT tersebut, apakah Rusia akan membantu Kim membangun satelit, Putin mengatakan: "Itulah mengapa kami datang ke sini."

Bagi Rusia, KTT ini merupakan kesempatan untuk menusuk Amerika Serikat, negara besar pendukung Ukraina, meskipun tidak jelas seberapa jauh Putin siap untuk memenuhi keinginan Korea Utara dalam hal teknologi.

Baca juga: Kim Jong Un Tiba di Rusia untuk Bertemu Putin

Putin mengatakan bahwa Kim sekarang berencana untuk mengunjungi pabrik-pabrik penerbangan militer dan sipil di kota Komsomolsk-on-Amur, Rusia, dan menginspeksi armada Pasifik Rusia di Vladivostok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com