Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Berencana Mendirikan Tugu Peringatan Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 03/09/2023, 13:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNA

LONDON, KOMPAS.com - Pemerintah Inggris pada hari Minggu (3/9/2023) mengumumkan rencana tahap awal untuk mendirikan tugu peringatan permanen untuk mendiang Ratu Elizabeth II, bersamaan dengan program warisan nasional untuk menghormatinya, pada tahun 2026.

Penghormatan untuk raja terlama di Inggris, yang meninggal pada bulan September tahun lalu pada usia 96 tahun setelah 70 tahun di atas takhta, akan diresmikan bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-100.

Sebuah badan yang baru dibentuk, komite peringatan Ratu Elizabeth, akan mempertimbangkan dan merekomendasikan proposal untuk program peringatan dan warisan, kata departemen pemerintah Kantor Kabinet.

Baca juga: FBI Rilis File Rencana Pembunuhan Ratu Elizabeth II oleh Simpatisan Irlandia

Dilansir dari CNA, Badan independen yang akan dipimpin oleh Robin Janvrin, mantan sekretaris pribadi mendiang ratu, akan mempertimbangkan kehidupannya, puluhan tahun pelayanan publik dan tujuan-tujuan yang ia dukung, tambahnya.

Janvrin, seorang anggota parlemen yang tidak terpilih di Majelis Rendah, menyebut pengangkatannya sebagai sebuah kehormatan.

"Ini akan menjadi tantangan yang unik untuk mencoba mengabadikan kontribusi luar biasa Yang Mulia kepada kehidupan nasional kita selama masa pemerintahannya yang sangat panjang," tambahnya.

Para tokoh senior kerajaan, politik, dan tokoh-tokoh serta para ahli lainnya akan ditunjuk ke dalam komite tersebut untuk mengembangkan ide-ide dan memberikan rekomendasi mereka kepada pewarisnya, Raja Charles III, dan Perdana Menteri Rishi Sunak.

Komite ini juga akan meminta saran dari masyarakat selama proses persiapan.

Pemerintah mengatakan akan mendukung proposal-proposal tersebut dan mempertimbangkan opsi-opsi pendanaan.

"Ratu Elizabeth II adalah raja yang memerintah paling lama dan pelayan publik terbesar kami," kata Wakil Perdana Menteri Oliver Dowden.

Baca juga: KALEIDOSKOP INTERNASIONAL SEPTEMBER 2022: Ratu Elizabeth II Wafat | Putin Umumkan Mobilisasi Parsial Rusia

"Lord Janvrin sekarang akan memulai pekerjaan penting dalam merancang penghormatan yang sesuai untuk warisan pelayanannya kepada bangsa kita dan Persemakmuran," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com