Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koin Tema Harry Potter Akan Jadi Uang Logam Terakhir yang Menampilkan Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 06/12/2022, 21:31 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

 

LONDON, KOMPAS.com - Koin bertema Harry Potter yang menampilkan Hogwarts Express telah diluncurkan oleh Royal Mint.

Koin yang dapat dikoleksi ini juga merupakan koin 50 pence desimal Inggris (satu setengah pon) terakhir yang menampilkan potret Ratu Elizabeth II di sisi depan.

Seri koin ini diluncurkan sebagai bagian dari perayaan 25 tahun sejak “Harry Potter And The Philosopher's Stone” oleh JK Rowling pertama kali diterbitkan di Inggris pada 1997.

Selain Hogwarts Express, koin tersebut menampilkan Harry Potter, Profesor Dumbledore, dan Sekolah Sihir Hogwarts.

Baca juga: SIM Ratu Elizabeth II Laku Rp 120 Juta, Siapa Penjualnya?

Dua koin pertama menampilkan potret mendiang Ratu, sementara dua jenis koin terakhir adalah Raja Charles III.

Koleksi Harry Potter ini hanya akan tersedia dalam jumlah yang sangat terbatas dan akan mengalami perubahan gambar selama seri koin ini diterbitkan, menurut Royal Mint.

“Perubahan potret tersebut membuat koleksi ini sangat dicari (kolektor),” kata direktur layanan kolektor di Royal Mint Rebecca Morgan dilansir dari Daily Mail.

Selama 70 tahun, potret Ratu Elizabeth II telah muncul di setiap koin resmi Inggris yang dicetak oleh Royal Mint.

Koleksi koin-koin ini disebut berfungsi sebagai pengingat permanen dari transisi menarik monarki terlama di Inggris, menjadi penampilan pertama Yang Mulia Raja pada koin-koin Inggris.”

Menggabungkan teknik pencetakan tradisional dengan teknologi, ilustrasi Jim Kay telah direproduksi berwarna pada beberapa koin.

Baca juga: Rishi Sunak PM Baru Inggris, Istrinya Lebih Kaya dari Ratu Elizabeth II

Banyak dari koin-koin dalam seri ini juga menampilkan 'fitur laten,' yang akan memperlihatkan petir saat diputar dalam cahaya dan angka “25” untuk menandai tahun peringatan.

The Royal Mint menggunakan laser untuk menanamkan desain yang rumit tersebut ke alat pembuat koin, untuk memastikan keakuratannya.

Harga untuk koin Hogwarts Express berkisar dari 11 poundsterling untuk versi denominasi 50 pence desimal Inggris, hingga 5.215 poundsterling untuk koin emas denominasi 200 poundsterling.

Seri koin khusus ini dibuat dalam kemitraan dengan Bloomsbury Publishing, The Blair Partnership dan Warner Bros, Consumer Products.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com