Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teka-teki Tewasnya Prigozhin, Murni Kecelakaan atau Dibunuh?

Kompas.com - 24/08/2023, 18:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

MOSKWA, KOMPAS.com - Ketika pemimpin kelompok Wagner melancarkan pemberontakan bersejarahnya, yang menimbulkan krisis terbesar dalam 23 tahun pemerintahan Vladimir Putin, banyak yang bertanya-tanya bagaimana tanggapan pemimpin Rusia Vladimir Putin.

Selama pemberontakan, kelompok tentara bayaran Prigozhin menembak jatuh setidaknya dua helikopter dan membunuh sekitar 15 personel militer Rusia, yang banyak di antaranya adalah penerbang.

Yang lebih penting bagi Putin, pemberontakan Prigozhin, yang mencapai pinggiran Moskwa, mengungkap kerapuhan rezim yang dianggap stabil oleh banyak orang.

Baca juga: Video Detik-detik Pesawat Bos Wagner Jatuh, Prigozhin Diduga Tewas

Penyebab kecelakaan pada hari Rabu (23/8/2023), yang menewaskan 10 orang, termasuk Yevgeny Prigozhin, masih belum jelas.

Namun, perseteruan lama pemimpin Wagner dengan militer dan pemberontakan bersenjata yang dipimpinnya pada bulan Juni bisa jadi yang membuat bos Wagner itu kehilangan nyawanya. Terlalu banyak motif untuk membalas dendam.

Laporan Guardian menyebut, Putin tidak senang dikhianati dan dikenal suka membagi orang-orang yang menentangnya menjadi dua kategori: musuh dan pengkhianat.

Pemberontakan Prigozhin tidak diragukan lagi, menempatkannya pada kategori kedua.

Namun tanggapan awal Putin terhadap pemberontakan tersebut membuat banyak orang bingung.

Meskipun berjanji untuk menghabisi pengkhianat dalam pidato nasionalnya yang disiarkan televisi, Putin mengizinkan Prigozhin untuk mencapai kesepakatan dengan Alexander Lukashenko dari Belarus dan meninggalkan Rusia untuk diasingkan.

Tidak seperti biasanya, beberapa minggu setelah pemberontakan, Kremlin mengatakan Putin mengadakan pertemuan tiga jam dengan komandan kelompok Prigozhin dan Wagner beberapa hari setelah pemberontakan.

Putin juga secara luar biasa mengakui bahwa ia berusaha, namun gagal dalam pertemuan tersebut, untuk menggantikan Prigozhin sebagai pemimpin pejuang Wagner di Ukraina.

Baca juga: Yevgeny Prigozhin, Bos Wagner Rusia Diduga Tewas dalam Kecelakaan Pesawat, Ini Respons Tokoh Dunia

Setelah awalnya berangkat ke Belarus, tempat pasukan Wagnernya mendirikan kamp dan melatih pasukan keamanan setempat, Prigozhin terlihat bergerak bebas bolak-balik antara Moskwa dan kota kelahirannya St Petersburg.

Dia dilaporkan memungut tumpukan uang tunai dan emas batangan yang ia simpan di rumah mewahnya.

Tidak lama kemudian, Prigozhin terlihat di sela-sela pertemuan puncak besar Rusia-Afrika di St Petersburg, di mana ia bertemu dengan para pejabat Afrika di sebuah hotel miliknya.

Mereka yang mengenal Prigozhin tidak terkejut, percaya bahwa panglima perang tersebut suatu saat mungkin akan mengambil tanggung jawab untuk terjun ke dalam politik revolusioner.

Baca juga: Pemimpin Grup Wagner, Yevgeny Prigozhin, Diduga Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com