Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Bentuk Pasukan Swasta Misterius, Lindungi Dirinya dari Wagner

Kompas.com - 01/08/2023, 17:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin membentuk milisi-milisi swasta di seluruh Rusia.

Mereka tampaknya menjadi pertahanan terhadap kemungkinan kudeta terhadap pemimpin Rusia.

Pemberontakan Kelompok Wagner, yang dipimpin oleh Yevgeny Prigozhin, membuka celah serius dalam pertahanan Putin.

Putin pun memutuskan membentuk jaringan perusahaan militer swasta misterius di seluruh Rusia untuk melindungi dirinya dari pemberontakan Wagner lainnya.

Baca juga: Putin: Rusia Tak Menolak Pembicaraan Damai dengan Ukraina

Rencana untuk perusahaan militer swasta, atau "perusahaan khusus", tercantum dalam undang-undang baru yang menaikkan usia wajib militer Rusia.

Dilansir dari Yahoo News, langkah ini bertujuan untuk melawan sabotase dan ancaman internal, menurut pernyataan ketua komite pertahanan Duma, Andrey Kartapolov.

Daily Beast pertama kali melaporkan amandemen tersebut.

Ini terjadi beberapa minggu setelah pemberontakan oleh kelompok tentara bayaran Wagner Rusia, yang mengekspos celah dalam pertahanan Putin.

Para pejuang dari kelompok ini hanya mendapat sedikit perlawanan ketika mereka menguasai kota Rostov-on-Don pada 23 Juni, lalu maju ke Moskwa sebelum para pemimpin pemberontak menengahi kesepakatan dengan Kremlin dan menghentikan pemberontakan.

Meskipun Putin belum menghukum Yevgeny Prigozhin, pemimpin pemberontakan, ia telah meluncurkan pencarian terhadap para pengkhianat yang dicurigai dalam militer Rusia dan tampaknya takut akan ancaman internal di masa depan terhadap kekuasaannya.

Menurut laporan tersebut, milisi Putin akan berada di bawah komando gubernur regional, beroperasi atas perintah Putin, dan akan dipersenjatai oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

Baca juga: Pemimpin Afrika Tekan Putin Akhiri Perang Ukraina

Barents Observer, sebuah media Norwegia, mengatakan bahwa tugas unit-unit ini adalah untuk melindungi perbatasan negara, memerangi kelompok-kelompok bersenjata ilegal, dan memerangi sabotase asing serta formasi intelijen, serta menumpas ancaman-ancaman dari dalam negeri.

Bagaimana milisi-milisi itu akan berinteraksi dengan cabang-cabang militer dan aparat intelijen lainnya masih belum jelas.

Rusia sudah memiliki garda nasional, dan Putin dilindungi oleh berbagai lapisan keamanan.

Nikolai Sokov, mantan pejabat Kremlin, mengatakan kepada bahwa undang-undang tersebut ditujukan untuk memperkuat pertahanan Putin.

"Ini adalah alat untuk meningkatkan keamanan (penting mengingat aksi klandestin yang sangat aktif oleh intelijen militer Ukraina), dan dapat, jika diperlukan, membantu melawan pemberontakan baru," kata Sokov.

Fungsi utama lain dari milisi ini adalah untuk mempertahankan diri dari serangan internal setelah serangkaian serangan pesawat tak berawak Ukraina di kota-kota Rusia.

Invasi Rusia yang goyah ke Ukraina telah mengungkap bahwa cengkeraman Putin pada kekuasaan mungkin tidak sekuat yang diyakini secara luas.

Baca juga: Putin Teken UU Larang Prosedur Ganti Jenis Kelamin di Rusia

Mantan pejabat intelijen mengatakan kepada Insider bahwa kemunduran serius lebih lanjut di Ukraina dapat mengakibatkan Putin disingkirkan dari kekuasaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com