Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biden Larang Investasi Teknologi AS di China

Kompas.com - 11/08/2023, 13:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Joe Biden pada hari Rabu (8/8/2023) menandatangani sebuah perintah eksekutif yang akan melarang beberapa investasi baru AS di China dalam teknologi sensitif seperti chip komputer dan mengharuskan pemberitahuan pemerintah di sektor teknologi lainnya.

Perintah yang telah lama ditunggu-tunggu ini memberikan wewenang kepada Menteri Keuangan AS untuk melarang atau membatasi investasi AS di entitas-entitas China di tiga sektor: semikonduktor dan mikroelektronika, teknologi informasi kuantum, dan sistem kecerdasan buatan.

Pemerintah mengatakan bahwa pembatasan ini akan berlaku untuk himpunan bagian yang sempit dari ketiga bidang tersebut, tetapi tidak memberikan rinciannya.

Baca juga: Biden Isyaratkan Kemungkinan Arab Saudi Bersedia Normalisasi Hubungan dengan Israel

Dilansir dari Reuters, proposal ini terbuka untuk masukan dari publik.

Perintah ini bertujuan untuk mencegah modal dan keahlian Amerika membantu China mengembangkan teknologi yang dapat mendukung modernisasi militernya dan merusak keamanan nasional AS.

Langkah ini menargetkan ekuitas swasta, modal ventura, usaha patungan, dan investasi baru.

Biden, seorang Demokrat, mengatakan dalam sebuah surat kepada Kongres bahwa ia mendeklarasikan keadaan darurat nasional untuk menghadapi ancaman kemajuan negara-negara seperti China dalam teknologi dan produk sensitif yang sangat penting bagi militer, intelijen, pengawasan, atau kemampuan siber.

China mengatakan pada hari Kamis (10/8/2023) bahwa pihaknya sangat prihatin dengan perintah tersebut dan bahwa pihaknya berhak untuk mengambil tindakan.

Perintah tersebut mempengaruhi operasi normal dan pengambilan keputusan perusahaan, dan merusak tatanan ekonomi dan perdagangan internasional, demikian bunyi pernyataan dari Kementerian Perdagangan China.

Kementerian juga mengatakan bahwa mereka berharap AS akan menghormati hukum ekonomi pasar dan prinsip persaingan yang adil, dan menahan diri dari secara artifisial menghalangi pertukaran dan kerja sama ekonomi dan perdagangan global dan, atau membuat hambatan untuk pemulihan ekonomi dunia.

Baca juga: Biden Bertemu PM Italia Meloni, China Jadi Bahasan Utama

Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa negara itu sangat tidak puas dengan dan "dengan tegas menentang desakan AS untuk memberlakukan pembatasan investasi di China dan juga telah menyampaikan pernyataan yang sungguh-sungguh kepada AS.

China mendesak AS untuk memenuhi janji Biden yang tidak berniat memisahkan diri dari China atau menghalangi pembangunan ekonomi China, kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan.

Dalam sebuah pernyataan terpisah, pemerintah Hong Kong mengatakan bahwa pembatasan AS adalah tindakan yang tidak masuk akal terhadap wilayah administratif khusus China dan mengatakan bahwa mereka menghalangi dan mengganggu kegiatan investasi dan perdagangan normal.

Baca juga: Selandia Baru Deteksi Aktivitas Intelijen China di Negaranya

"Langkah-langkah tersebut merusak tatanan ekonomi dan perdagangan internasional dan merusak kepentingan ekonomi dan komersial perusahaan-perusahaan Amerika itu sendiri," kata pemerintah Hong Kong, menambahkan bahwa hal tersebut menciptakan lebih banyak ketidakpastian bagi pertumbuhan ekonomi global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com