Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hutan Hawaii: 53 Tewas, Pulau Maui Hangus bak Gurun Pasir

Kompas.com - 11/08/2023, 09:26 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

LAHAINA, KOMPAS.com - Kehancuran akibat kebakaran hutan di Pulau Maui, Hawaii, pada hari Kamis (10/8/2023) membuat pulau itu tampak seperti gurun pasir yang hangus.

Jumlah korban tewas meningkat menjadi setidaknya 53 orang.

Para penyintas menceritakan kisah-kisah mengerikan tentang penyelamatan diri dengan hanya mengenakan pakaian yang menempel di tubuh.

Baca juga: Kebakaran Hutan Hanguskan Hawaii, 36 Tewas, Ribuan Dievakuasi

Jalan layang di Lahaina yang bersejarah menunjukkan seluruh lingkungan yang tadinya penuh warna berubah menjadi abu kelabu.

Blok demi blok hanya tinggal puing-puing dan fondasi yang menghitam, termasuk di sepanjang Front Street yang terkenal, tempat para turis berbelanja dan makan malam beberapa hari yang lalu.

Kapal-kapal di pelabuhan hangus terbakar, dan asap mengepul di atas kota yang berdiri sejak tahun 1700-an itu—yang merupakan komunitas terbesar di sisi barat pulau ini.

"Lahaina, dengan beberapa pengecualian yang jarang terjadi, telah terbakar habis," kata Gubernur Hawaii Josh Green kepada Associated Press.

Lebih dari 1.000 bangunan hancur akibat api yang masih menyala, katanya.

Bencana alam paling mematikan di negara bagian ini terjadi sejak tsunami tahun 1960, yang menewaskan 61 orang di Big Island.

Jumlah korban tewas kemungkinan akan terus meningkat seiring dengan operasi pencarian dan penyelamatan yang terus berlanjut.

Baca juga: Otoritas Hawaii Tindak 33 Perenang yang Mengganggu Lumba-lumba

Dipicu oleh musim panas yang kering dan angin kencang dari badai yang lewat, kebakaran dimulai pada hari Selasa (8/8/2023) dan mengejutkan Maui.

Insiden itu melahap tanaman kering yang menutupi pulau itu dan kemudian melahap rumah-rumah lalu apa pun yang ada di jalan.

Jumlah korban tewas resmi sebanyak 53 orang pada hari Kamis, menjadikan kebakaran ini sebagai kebakaran hutan paling mematikan di AS sejak Camp Fire di California pada tahun 2018, yang menewaskan sedikitnya 85 orang dan meluluhlantakkan kota Paradise.

Baca juga: Terbukti Tak Bersalah, Pria Hawaii yang Dipenjara 130 Tahun Dibebaskan Setelah 20 Tahun

Jumlah korban di Hawaii dapat meningkat karena tim penyelamat belum mencapai bagian-bagian pulau yang tidak dapat diakses.

Puluhan orang terluka, beberapa di antaranya kritis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com