Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan Akan Diakhiri Lebih Awal

Kompas.com - 07/08/2023, 15:16 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Jambore Pramuka Dunia 2023 di Korea Selatan akan diakhiri lebih awal karena peringatan topan.

Organisasi Gerakan Kepanduan Dunia (WOSM) mengumumkan hal tersebut pada Senin (7/8/2023).

Sebelumnya, ribuan anggota pramuka telah lebih dulu menarik diri dari jambore karena penyebab lain, yakni serangan gelombang panas ekstrem.

Baca juga: 600 Peserta Jambore Pramuka di Korsel Dirawat karena Cuaca Panas, Warganet Bandingkan dengan Squid Game

"Kami menerima konfirmasi pagi ini dari Pemerintah Republik Korea Selatan bahwa karena dampak yang diperkirakan dari Topan Khanun, pemulangan lebih awal akan direncanakan untuk semua peserta," kata WOSM dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AFP.

Sekitar 43.000 orang mengikuti Jambore Pramuka Dunia di provinsi Jeolla Utara.

Namun, gelombang panas yang ekstrim telah menyebabkan ratusan anggota pramuka jatuh sakit dan memaksa Pemerintah Korea Selatan untuk mengerahkan dokter militer, menyediakan bus-bus ber-AC, dan berjanji akan melakukan upaya habis-habisan guna menyelamatkan acara tersebut.

"Kami mendesak Pemerintah untuk mempercepat rencana keberangkatan dan menyediakan semua sumber daya serta dukungan yang diperlukan bagi para peserta selama berada di sana dan sampai mereka kembali ke negara asal," ujar WOSM,

Kelompok-kelompok pramuka dari Amerika Serikat dan Inggris telah menarik diri pada akhir pekan lalu dengan alasan kekhawatiran akan cuaca ekstrem.

Saat itu penyelenggara mengatakan bahwa jambore akan tetap berlangsung dan mendesak para peserta untuk menyaksikan acara tersebut sebagai sarana untuk belajar mengatasi tantangan.

Baca juga: Cerita Ayya, Wakil Indonesia di Jambore Pramuka Dunia Korea Selatan...

Namun, acara ini sekarang menghadapi peringatan topan, dengan badai yang diperkirakan akan menghantam sebagian besar wilayah di negara ini akhir pekan ini.

Tidak ada rincian yang diberikan tentang di mana para peserta akan tinggal sampai mereka kembali ke rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com