Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebun Binatang China Bantah Dugaan Beruangnya Manusia Pakai Kostum

Kompas.com - 01/08/2023, 16:28 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNA

BEIJING, KOMPAS.com - Sebuah kebun binatang di China timur membantah dugaan bahwa beberapa beruangnya adalah manusia yang mengenakan kostum.

Ini terjadi setelah foto-foto hewan tersebut berdiri seperti manusia beredar di dunia maya.

Beruang madu dari Malaysia tersebut berukuran lebih kecil dari beruang-beruang lainnya dan terlihat berbeda, namun itu adalah asli, demikian pernyataan Kebun Binatang Hangzhou pada hari Senin (31/7) di akun media sosialnya, dilansir dari CNA.

Baca juga: Beruang Masuki Garasi Toko Roti AS, Curi dan Lahap 60 Kue Mangkok

"Beberapa orang mengira saya berdiri seperti manusia," kata unggahan tersebut, yang ditulis dari sudut pandang beruang. "Sepertinya Anda tidak memahami saya dengan baik."

Seorang karyawan yang menjawab telepon di kebun binatang menolak untuk berbicara tentang beruang-beruang itu, tetapi mengatakan bahwa kunjungan sedang diatur untuk wartawan untuk melihat mereka.

Para warganet mempertanyakan apakah beruang-beruang di kebun binatang itu asli setelah beredar foto-foto yang menunjukkan seekor beruang berdiri tegak dengan kaki belakang yang ramping.

"Karena cara mereka berdiri, beberapa orang di dunia maya mempertanyakan apakah mereka 'manusia yang menyamar'," kata surat kabar Hangzhou Daily.

Beruang madu seukuran anjing besar, berdiri paling tinggi 1,3 meter dengan kaki belakangnya, dibandingkan dengan 2,8 meter untuk beruang kutub dan spesies lainnya, menurut kebun binatang tersebut.

Baca juga: Beruang Kehausan Bobol Mobil di Kanada, Tenggak 69 Kaleng Soda

Kebun binatang China lainnya juga telah dituduh mencoba untuk meloloskan anjing yang diwarnai agar terlihat seperti serigala atau kucing Afrika, dan keledai yang dicat agar terlihat seperti zebra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com