Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Akan Jadi Tuan Rumah Perundingan Damai Ukraina, Rusia Tak Diundang

Kompas.com - 01/08/2023, 12:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNBC

RIYADH, KOMPAS.com - Arab Saudi akan menjadi tuan rumah pembicaraan multinasional yang berfokus pada rencana perdamaian yang diusulkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Rusia tidak diundang untuk berpartisipasi dalam diskusi tersebut.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada para wartawan bahwa Moskwa hanya akan mengawasi pertemuan yang akan datang.

Baca juga: Biden Isyaratkan Kemungkinan Arab Saudi Bersedia Normalisasi Hubungan dengan Israel

Dilansir dari CNBC, Ukraina menyambut baik keputusan Arab Saudi untuk menjadi tuan rumah perundingan.

Menurutdia, hal itu jadi sebuah langkah yang dapat membuka peluang perundingan dengan Rusia di masa depan.

Andriy Yermak, kepala kantor Zelensky, mengatakan bahwa Kyiv sedang berusaha untuk melibatkan sebanyak mungkin negara dalam pembicaraan tersebut, yang dijadwalkan akan berlangsung di Jeddah.

"Presiden Zelensky mengatakan bahwa pilihan kami adalah menyatukan dunia di sekitar Ukraina. Bukti dari pilihan ini sudah jelas: Kami melibatkan negara-negara dari Barat, Timur, Utara, dan Selatan," ujar Yermak dalam sebuah pertemuan dengan para pejabat Ukraina.

Wall Street Journal melaporkan pada akhir pekan lalu bahwa Amerika Serikat, beberapa negara Eropa dan Brasil diundang untuk menghadiri pembicaraan tersebut, meski Rusia tidak diikutsertakan dalam pertemuan yang akan datang.

Riyadh mengeklaim bahwa mereka telah mempertahankan sikap netral terhadap perang yang sedang berlangsung di Kremlin.

Baca juga: Arab Saudi Perpanjang Pemangkasan Produksi Minyak 1 Juta Barel Per Hari

Namun, negara-negara Barat menuduh kerajaan tersebut menjaga harga minyak tetap tinggi, sebuah langkah yang tidak bersahabat yang memungkinkan Moskwa untuk membiayai perangnya.

Tahun lalu, Arab Saudi membantu menengahi pertukaran tahanan yang melibatkan lebih dari 200 orang antara Kyiv dan Moskwa.

Baca juga: Haji 2023 Diikuti 1,8 Juta Jemaah, di Bawah Perkiraan Arab Saudi

Pertemuan mendatang di Arab Saudi terjadi ketika perang Kremlin melewati hari ke-500 dan di tengah-tengah serangan balasan Ukraina yang terhenti yang bertujuan untuk mendorong kembali garis depan untuk membebaskan daerah-daerah yang diduduki Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com