Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Pakistan Setahun Setelah Banjir Dahsyat yang Tewaskan 1.700 Orang

Kompas.com - 23/06/2023, 18:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Banjir musim panas lalu di Pakistan menewaskan sedikitnya 1.700 orang, menghancurkan jutaan rumah, menghapus sebagian tanah pertanian, dan menyebabkan kerugian ekonomi miliaran dollar. Semua lenyap dalam hitungan bulan.

Pada satu titik, sepertiga negara berada di bawah air. Para pemimpin Pakistan dan banyak ilmuwan di seluruh dunia menyalahkan perubahan iklim atas hujan muson yang luar biasa awal dan lebat.

Setahun berlalu, negara ini belum sepenuhnya pulih. Buntutnya menyebar ke seluruh negeri; para penyintas yang tinggal di gubuk darurat di mana rumah mereka dulu berada, jutaan anak putus sekolah, infrastruktur yang rusak menunggu untuk diperbaiki.

Baca juga: Konglomerat Pakistan Termasuk Penumpang Kapal Selam Wisata Titanic yang Hilang

Dilansir dari Associated Press, otoritas bencana nasional Pakistan mengatakan sebagian besar orang telah kembali ke kota atau desa mereka, tetapi catatan banjirnya berhenti pada November 2022.

Hampir 8 juta orang mengungsi pada puncak krisis. Namun tidak ada informasi berapa banyak orang yang kehilangan tempat tinggal atau tinggal di tempat penampungan sementara.

Badan-badan bantuan dan badan amal memberikan gambaran kehidupan terkini, dengan mengatakan jutaan orang masih kekurangan air minum bersih dan tingkat kekurangan gizi anak meningkat di daerah yang terkena banjir.

Dan dampak hujan lebat baru-baru ini menambah buruk bagi Pakistan jika terjadi lebih banyak banjir tahun ini.

Torrent telah menyebabkan sungai meluap, banjir bandang, korban jiwa, kerusakan infrastruktur, tanah longsor, hilangnya ternak, tanaman hancur, dan kerusakan harta benda di beberapa bagian negara.

UNICEF memperkirakan sekitar 20 juta orang, termasuk 9 juta anak-anak, masih membutuhkan bantuan kemanusiaan di daerah yang terkena banjir.

Banyak distrik yang paling terpukul sudah menjadi tempat yang paling miskin dan rentan di Pakistan. Apa yang dimiliki orang kecil tersapu, memaksa mereka untuk memulai hidup mereka dari awal lagi.

Baca juga: Topan Biparjoy Mendekat, India dan Pakistan Evakuasi Lebih dari 150.000 Orang

Perjalanan melalui Pakistan ini melihat bagaimana banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2022 memengaruhi kehidupan sehari-hari - dan generasi mendatang.

Ketinggian yang tinggi dan puncak yang tajam dari Pegunungan Hindu Kush berarti bahwa hujan deras turun melalui provinsi barat laut Khyber Pakhtunkhwa. Itu bagus karena air cepat mengalir ke daerah dataran rendah. Tapi itu buruk karena kerusakan yang mereka timbulkan di sepanjang jalan.

Banjir mengamuk musim panas lalu begitu kuat sehingga beberapa sungai berubah arah, merusak lebih dari 800 sistem pasokan air minum di hampir setengah dari 34 kabupaten di provinsi itu, merusak jaringan pipa, pasokan utama, tangki penyimpanan, dan sumur.

Dampak terhadap warga yang hidup dengan genangan air dan terpaksa mengandalkan air yang terkontaminasi untuk minum terlihat sekitar dua minggu setelah banjir.

Baca juga: Pengadilan Pakistan Perintahkan Pembebasan Imran Khan dengan Jaminan

Tim perawatan kesehatan mulai menerima ribuan pasien dengan penyakit seperti demam berdarah, malaria, diare akut, kolera dan infeksi kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com