Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPDATE Ledakan Paris: 6 Orang Kritis, 1 Masih Hilang, Lebih dari 50 Terluka

Kompas.com - 22/06/2023, 19:12 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNN

PARIS, KOMPAS.com - Enam orang masih dalam kondisi kritis dan satu orang hilang setelah ledakan gas di pusat kota Paris pada hari Rabu (21/6/2023).

Kantor kejaksaan Paris mengatakan kepada CNN pada Kamis (22/6/2023), bahwa sekitar 50 orang terluka dalam insiden itu, meskipun kantor kejaksaan Paris, yang menyelidiki ledakan tersebut, mengatakan jumlahnya mungkin belum final.

Sekitar 270 petugas pemadam kebakaran dikerahkan ke tempat kejadian di dekat Rue Saint Jacques di arondisemen kelima kota itu, dan memadamkan api dalam waktu dua jam, kata kepala polisi Paris Laurent Nunez.

Baca juga: Anjing Pelacak Disiagakan Cari Korban Ledakan Paris di Puing Bangunan

Francois Braun, menteri kesehatan Perancis, mengatakan kepada afiliasi CNN BFMTV Kamis bahwa beberapa dari mereka yang terluka menderita luka bakar yang sangat signifikan, sementara yang lain menderita luka traumatis yang signifikan akibat ledakan itu.

Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin mengunjungi lokasi ledakan pada Rabu.

Dia mengatakan tidak jelas bagaimana tepatnya ledakan itu terjadi, menambahkan tidak ada peringatan sebelum insiden itu.

Laure Beccuau, jaksa Paris mengatakan bahwa tanda-tanda awal menunjukkan bahwa ledakan gas berasal dari dalam gedung yang menampung Akademi Amerika Paris.

Asap terlihat mengepul dari puing-puing pada Rabu pagi saat petugas penyelamat berusaha mengatasi kobaran api.

Baca juga: Ledakan Besar di Paris, 37 Orang Terluka

Universitas Negeri Kent, di negara bagian Ohio AS, mengatakan semua mahasiswanya di Akademi Amerika Paris aman dan bertanggung jawab setelah ledakan itu.

Penduduk setempat juga dilarang kembali ke rumah mereka di jalan-jalan sekitarnya oleh pihak berwenang setelah ledakan.

Seorang wanita, yang menyebut namanya sebagai Anne, mengatakan kepada produser CNN di tempat kejadian bahwa dia berada di dalam flatnya, sekitar 500 meter (1.640 kaki) dari lokasi, ketika ledakan terjadi.

Baca juga: Kantor Olimpiade Paris 2024 Digerebek Penyelidik Anti-Korupsi

“Rasanya seperti gempa bumi, jendela-jendela saling membentur,” katanya.

Wanita lain yang tidak mau menyebutkan namanya dan tinggal di jalan tetangga mengatakan bahwa pintunya terbanting menutup akibat ledakan.

Wali kota Paris Anne Hidalgo mengunjungi tempat kejadian pada hari Rabu, menulis dalam tweet: "Pikiran saya pertama-tama ditujukan kepada para korban dan orang-orang terdekat mereka."

Baca juga: Lautan Sampah di Paris Segera Menghilang, Petugas Kebersihan Tangguhkan Mogok Kerja

Pihak berwenang di Paris telah membuka unit tanggap darurat untuk menangani dampak ledakan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com