Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS-RI Teken Kesepakatan Infrastruktur dan Keuangan Rp 10,2 Triliun, Ini 3 Proyeknya

Kompas.com - 14/04/2023, 14:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen dan Menteri Keuangan Repubik Indonesia Sri Mulyani Indrawati menandatangani Kesepakatan Infrastruktur dan Keuangan Indonesia senilai Rp 10,2 triliun atau 698 juta dollar AS pada Kamis (13/4/2023).

Ini merupakan hibah lima tahun antara Millennium Challenge Corporation (MCC) Pemerintah AS dan Pemerintah Indonesia, dengan kontribusi Rp 9,5 triliun (649 juta dollar AS) dari Amerika Serikat dan Rp 718 miliar (49 juta dollar AS) dari Pemerintah Indonesia.

Chief Executive Officer (CEO) MCC Alice Albright turut serta hadir dalam prosesi penandatanganan kesepakatan yang diadakan di kantor Dana Moneter Internasional (IMF) di Washington DC, AS, tersebut. 

Baca juga: Menkeu Janet Yellen: Resesi di AS Tak Bisa Dihindari

“Kemitraan ini merepresentasikan keyakinan bersama AS dan Indonesia akan demokrasi dan pertumbuhan ekonomi yang digerakkan oleh inovasi,” ujar Menteri Keuangan AS Yellen, yang juga menjadi Wakil Ketua Dewan Direksi MCC.

Dia menuturkan, kesepakatan ini akan menudukung Kemitraan Transisi Energi yang Adil dengan Indonesia, serta pengembangan infrastruktur tahan iklim yang memenuhi standar di bawah Kemitraan untuk Infrastruktur dan Investasi Global (PGII).

Kemitraan tersebut telah diumumkan bersama oleh Presiden AS Joe Biden dan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi di KTT G20 lalu.

Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia menyumbang hampir 97 persen tenaga kerja nasional dan menyumbang sekitar 57 persen dari total PDB.

Sementara Indonesia terus berinvestasi di sektor manufaktur dan di bidang ekspor berbasis komoditas, infrastruktur berkualitas tinggi dianggap diperlukan untuk mengangkut pekerja dan barang.

“MCC bangga akan hubungan kami yang sudah terjalin selama hampir 20 tahun dengan pemerintah Indonesia,” ujar CEO Albright, sebagaimana tertuang dalam rilis yang dikirim Kedubes AS di Jakarta kepada Kompas.com pada Jumat (14/4/2023).

Baca juga: Janet Yellen, Wanita Pertama yang Jadi Menteri Keuangan AS

Dia menuturkan, dengan investasi ini, kerja sama AS-Indonesia dalam berbagai proyek akan bernilai total lebih dari 1 miliar dollar AS.

"Kesepakatan yang ditandatangani hari ini akan difokuskan pada keberlanjutan dan skalabilitas, meningkatkan ketahanan Indonesia terhadap perubahan iklim dan guncangan eksternal lainnya sambil menciptakan peluang yang lebih besar bagi pemilik bisnis untuk mengakses modal pasar,” jelasnya.

Menteri Sri Mulyani menerangkan, Kesepakatan Infrastruktur dan Keuangan Indonesia atau Indonesia Infrastructure and Finance Compact bertujuan untuk meningkatkan akses keuangan bagi infrastruktur transportasi dan logistik Indonesia, serta UMKM, terutama yang dimiliki oleh perempuan.

“Indonesia mengambil tindakan penting untuk membangun lingkungan keuangan yang kuat, yang mendorong pertumbuhan ekonomi yang bermanfaat bagi semua orang,” ujar Sri Mulyani.

“Saya senang melihat bagaimana upaya bersama kita akan terus memperkuat ketahanan ekonomi bagi generasi Indonesia saat ini dan mendatang," tambahnya.

Baca juga: Janet Yellen, Wanita Pertama yang Jadi Menteri Keuangan AS

Kesepakatan Infrastruktur dan Keuangan Indonesia sendiri terdiri dari tiga proyek. Ini termasuk:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com