Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu Janet Yellen: Resesi di AS Tak Bisa Dihindari

Kompas.com - 09/12/2022, 05:59 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen mengatakan pada Kamis (8/12/2022), resesi di AS tidak bisa dihindari.

Namun, dia yakin AS masih berada di jalur yang benar dalam menurunkan inflasi.

Untuk saat ini, banyak ekonom memperkirakan AS bisa mengalami penurunan inflasi tahun depan.

Baca juga: Xi Jinping, Resesi, dan Demokrasi

“Terhadap apakah kita dapat menghindari resesi atau tidak, saya yakin jawabannya adalah ya," kata dia kepada wartawan saat berkunjung ke fasilitas Bureau of Engraving and Printing di Fort Worth, Texas, AS.

"Tanpa melihat PHK nasional yang signifikan, saya yakin kita berada di jalur yang benar dalam hal menurunkan inflasi dan resesi tidak bisa dihindari," tambahnya, sebagaimana dikutip dari Kantor berita AFP.

Yellen mengatakan, ketika bisnis mengurangi ekspektasi pertumbuhan dan rencana perekrutan tenaga kerja, jumlah orang yang meninggalkan pekerjaan mereka juga sedikit menurun.

Pekan lalu, Ketua Federal Reserve Jerome Powell menambahkan masih "sangat masuk akal" bagi AS untuk mencapai soft landing, merujuk pada skenario di mana pengangguran meningkat tetapi ekonomi menghindari resesi yang parah.

Baca juga:

Pada Kamis, Yellen mengatakan bahwa AS telah mendengarkan dengan sangat hati-hati para sekutu dan mencoba memahami keprihatinan mereka atas dorongan Washington untuk memacu teknologi ramah iklim di Amerika.

"Saya pikir tujuan Kongres adalah memastikan kami memiliki rantai pasokan yang aman, dan mencoba memasukkan sekutu kami ke dalamnya," kata dia.

Ditanya apakah dia memiliki rencana untuk mengunjungi China setelah pertemuan Presiden Joe Biden dengan rekannya dari China Xi Jinping, Yellen mengatakan dia belum memiliki rencana yang pasti.

Namun, dia menyampaikan, kemungkinan kunjungan ke China tentu saja terbuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com